KELEBIHAN PETIR UNTUK PERTANIAN | KANDUNGANNYA TAK TERDUGA

Jumpa lagi para kawan-kawan PMS yang berbahagia. Semoga kita selalu dijauhi dari segala-galanya penyakit apalagi penyakit jiwa👌. Kali ini saya akan membahas manfaat petir untuk pertanian.
Sumber Youtube

Saat pergantian musim dari kemarau ke musim penghujan selalu ditandai dengan sebuah petir. Petani juga begitu saat musim tanam dan tanaman butuh air selalu menunggu  fenomena alam ini yaitu petir sehingga akan tau jika musim hujan sebentar lagi tiba. Dimusim hujan saat ini petir umum dijumpai karena udara kadar airnya tinggi sehingga daya isolasi turun dan arus mudah dilewati sehingga akan terjadi ambang batas isolasi akibat dari perbedaan potensial antara awan dan bumi atau awan (positif) ke awan (negatif) efeknya muatan negatif  dibuang melalui udara ditandai dengan sebuah kilatan cahaya dan disusul suara gemuruh atau kata orang jawa geluduk. Mengapa selalu tidak bersama antara kilatan dan suara yang dihasilkan karena perbedaan antata kecepatan cahaya dan suara. 

Baik menuju pembahasan petir selalu digambarkan dengan sebuah fenomena alam yang bernilai merugikan bagi kebanyakan orang. Banyak kasus akibat dari fenomena ini seperti kebakaran akibat Sambaran petir, mengganggu transportasi udara, kerusakan pada alat elektronik seperti TV, Parabola, dll bahkan dapat menyambar manusia hingga kematian. 
Sumber Youtube

Kematian merukapakan deretan  dari sekian banyak kasus akibat dari fenomena petir ini seperti didaerah saya ada yang meninggal akibat meneduh di pematang sawah atau di pondok. Ada lagi waktu bekerja di ladang dan kebetulan tempatnya rata dan salahnya lagi ada Handphone di saku kena Sambaran ini. Karena sejatinya petir hanya menyambar satu kali ditempat yang sama dan selalu mengincar tempat tinggi maksudnya jika kita diladang tidak ada pohon dan tempat nya rata seperti lapangan maka berhati-hatilah lebih baik kita pulang saja.
Dari sekian banyak nilai negatif (kasus) apakah ada manfaatnya? 

Saya akan menjawabnya dari uraikan singkat dibawah ini. Kelebihan yang saya jelaskan yaitu di bidang pertanian. Kita tahu salah satu siklus pendek daur hidrologi terbentuknya sebuah awan dari air laut yamg menguap akibat dari pemanasan sinar matahari dan terjadilah sebuah awan dari uap air yang jenuh dan terjadi kondensasi. Hujan akan turun membawa unsur-unsur seperti H20 dan Nitrogen. Nitrogen merupakan unsur yang sangat diperlukan untuk keberlangsungan makhluk hidup. Seperti tanaman akan sangat memerlukan unsur ini aplikasi sehari-hari sebagai pupuk contohnya pupuk Za yang berkadar nitrogen tinggi. Pupuk ni banyak digunakan petani untuk menyuburkan tanaman. Dan unsur ini sangat melimpah diudara dan sebagian kecil didalam permukaan bumi namun menurut penelitian tanaman tidak bisa menyerapnya saat diudara berbeda saat di permukaan Bumi Nitrogen mudah diserap tanaman walaupun sangatlah kecil. Lalu peran petir dalam hal ini sangatlah dibutuhkan dengan energi petir (gluduk) yang dihasilkan begitu besar nitrogen akan mdah terurai dan meransang pembentukan nitrat bercampur air hujan turun ke permukaan sehingga  tanaman akan mudah menyerap dan menangkap. Sehingga unsur hara begitu melimpah dari proses tersebut ibarat ditabur sebuah pupuk cair alami cuma-cuma dari alam. 

Maka dari itu bersyukurlah kita jika masih ada petir didaerah kita. Karena unsur yang terkandung begitu bermanfaat bagi pertumbuhan tanaman. Karena sejatinya dibaliksebuah fenomena terdapat sebuah hikmah.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "KELEBIHAN PETIR UNTUK PERTANIAN | KANDUNGANNYA TAK TERDUGA"

Post a Comment