MANFAAT DAUN PEPAYA UNTUK PERTUMBUHAN IKAN LELE


Pepaya atau kates merupakan buah-buahan yang memiliki segudang manfaat. Dibagian daun, buah ini juga memiliki khasiat yang tak kalah baik untuk kesehatan. Dengan ciri khas rasa yang pahit daun pepaya dipercaya dapat mencegah atau mengobati jerawat, nyeri haid dan sebagainya. Bukan hanya itu, dibilang perikanan daun pepaya dapat digunakan sebagai pakan yang menyehatkan dan banyak manfaat lainnya. 
MANFAAT DAUN PEPAYA UNTUK IKAN LELE SAAT MUSIM HUJAN
Pasalnya terdapat kandungan senyawa alkaloid karpain, kandungan tocophenol dan flavonoid yang memiliki daya antimikroba. Sebuah penelitian memaparkan bahwa ekstrak daun pepaya memiliki kandungan enzim papain yang memiliki aktivitas protoelitik dan antimikroba, dan alkaloid carpain yang berfungsi sebagai antibakteri. Bukan hanya itu ekstrak daun pepaya dipercaya sebagai antibakteri serta imunostimulan, berfungsi sebagai pencegah dan obat infeksi bakteri Aeromonas Hydrophila pada lele. Manfaat lainnya sebagai berikut.

OBAT STRES 
Caranya untuk membuat ramuan ini cukup mudah dan dipercaya ampuh untuk mengobati stres pada lele. Caranya bersihkan dahulu daunnya, kemudian rajang halus daun pepaya hingga berair, lalu tebar ke kolam secara merata. Dengan cara tersebut daun pepaya bukan hanya sebagai obat tetapi bisa digunakan sebagai pakan alternatif.
MANFAAT DAUN PEPAYA UNTUK IKAN LELE SAAT MUSIM HUJAN

MENGURANGI SIFAT KANIBAL
Manfaat penting lainnya yaitu mengurangi bahkan menghilangkan sifat tersebut karena dapat merugikan bila dibiarkan. Caranya tumbuk atau dirajang daun pepaya tambahkan sedikit tetes tebu, aduk hingga merata dan diamkan selama kurang lebih 15 menit, baru diberikan kepada ikan lele.


MENSTERILKAN KOLAM
Kolam baru khususnya terpal perlu perlakuan khusus untuk awal budidaya. Ditakutkan ikan mengalami stres dan lain sebagainya. Maka dari itu, untuk meminimalisir biaya gunakanlah daun pepaya. Caranya cukup mudah daun pepaya di tumbuk halus kemudian dicampur air lalu masukan di semprotan. Setelah itu semprotkan ke seluruh permukaan terpal. Kurang lebih 3-5 hari kolam dibersihkan dari kotoran. Bilas hingga bersih dan kolam siap digunakan. Atau dengan cara, tumbuk halus daun pepaya dengan perbandingan 1 genggam/ meter persegi. Lalu tebar keseluruh kolam budidaya.


SEBAGAI CAMILAN DAN KEKEBALAN TUBUH
Daun pepaya dapat juga digunakan sebagai makanan ringan si kumis ini. Bukan hanya itu, daun pepaya juga dipercaya dapat meningkatkan kekebalan tubuh sehingga tidak mudah sakit atau stress. Caranya dengan menaburkan secara utuh atau ditumbuk daunnya ke kolam. Sehingga daun ini bukan hanya sebagai obat alami tetapi juga berfungsi sebagai pakan alternatif atau ringan.


OBAT MUSIM HUJAN DAN MENSTABILKAN PH 
Kita tahu saat musim hujan banyak petani dipusingkan akibat ikan mengalami stres akibat perubahan suhu dan kadar asam hingga kematian. Adanya daun pepaya dipercaya dapat dijadikan obat alami saat musim hujan. Bukan hanya itu, daun pepaya dipercaya dapat menstabilkan pH kolam. pH yang baik berkisar antara pH 7-8 : pertumbuhan ikan baik, pH tinggi yang berakibat fatal adalah pH 11 : ikan mati, dan pH yang rendah pH 4 : ikan mati. Caranya tebar secara merata daun pepaya hingga ditumbuhi lumut yang bersifat herbal. Lumut tersebut dimakan oleh lele yang secara tidak sadar mengandung obat alami. Selain dari daun pepaya, untuk menstabilkan pH kolam bisa menggunakan kapur nutrilime, bogol pisang, dan garam ikan, Namun perlu diingat untuk penggunaannya jangan terlalu berlebihan karena berefek buruk pada ikan. 


Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "MANFAAT DAUN PEPAYA UNTUK PERTUMBUHAN IKAN LELE"