CARA TANAM BUAH ALPUKAT TANPA BIJI, TEKNIK OKULASI

Alpukat merupakan buah yang banyak manfaatnya seperti vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh. Kebanyakan orang masih berfikir bahwa kandugan lemak yang dimiliki alpukat menjadikan mimpi buruk saat mengonsumsinya. Ternyata pemikiran tersebut salah karena lemak dalam kandungan alpukat lemak tak jenuh yang justru menyehatkan. Buah ini memiliki tekstur lembut dan tentunya lezat maka tak heran jika buah ini sangat disukai masyarakat. Namun kekurangan buah ini biji yang dihasilkan dari alpukat yaitu besar sehingga dagingnya sedikit. Hal tersebut dapat ditepis, karena alpukat kini tanpa biji dan rasanya sangat nikmat sama seperti buah alpukat pada umumnya. Otomatis daging lebih banyak, padat, tebal, manis, bertektur lembut dan pastinya memanjakan lidah konsumen. Maka tak heran jika permintaan pasar akan buah ini kian meningkat di pasaran.  
CARA TANAM BUAH ALPUKAT TANPA BIJI, TEKNIK OKULASI
pertanianku.com
Alpukat Tanpa Biji

Jika kita punya tekad dan keyakinan kuat dalam usaha apapun, pasti ada titik terangnya dalam mencapai kesuksesan. Seperti halnya menanam alpukat tanpa biji ini, Jika kita ingin menanamnya pahami faktor untuk menunjang pertumbuhan dan hasil panen, faktor-faktornya seperti tempat, bibit, tanah, pengolahan dan perawatan supaya dipelajari dan dimengerti. Sehingga panen yang dihasilkan berlimpah dan berkualitas sempurna. Sehingga pangsa pasar terbuka lebar untuk produk yang kita hasilkan.

PEMILIHAN TEMPAT
Pembudidayaan alpukat ini di rekomendasikan di dataran tinggi atau beriklim dingin dengan suhu berkisar antara 20-25 oC. Namun ada pembudidaya memanyatakn jika tanaman ini bisa tumbuh di dataran rendah (panas). Kebutuhan lain yaitu akan sinar Matahari sehari penuh untuk proses pertumbuhan atau pembuahan.

PEMILIHAN BIBIT
Alpukat tanpa biji (Persea Americana) ini dapat kita kembang biakan seraca generative dan vegetative. Cara generative memang baik pada alpukat yang dihasilkan tetapi alpukat akan berbuah membutuhkan waktu hingga 5-8 tahun. 
CARA TANAM BUAH ALPUKAT TANPA BIJI, TEKNIK OKULASI
jualbenihmurah.com
Bibit Alpukat Tanpa Biji
Kemungkinan lainnya buah yang dihasikan akan berbeda dengan induknya. Sedangkan cara vegetative (penyampungan pucuk atau mata) alpukat akan berbuah hanya perlu 1-4 tahun dan tanaman akan sama dengan induknya. Sehingga dari kedua cara tersebut vegetatiflah sangat dianjurkan untuk pembudidayaan alpukat tanpa biji ini. Berikut ini cara okulasi (vegetative) pada tanaman alpukat tanpa biji.

Cara okulasi
Penyambungan mata (Okulasi) akan menghasilkan tanaman yang baik dan sama dengan induknya. Namun untuk melakukan penyambungan mata sebaiknya hindari curah hujan tinggi karena bibit mudah busuk dan susah untuk menempel pada batang. Pemilihan bibit untuk okulasi usahakan dari indukan yang unggul yang bisa didapatkan dari biji atau dari penyampungan sebelumya. Sebaiknya pilihlah indukan dari persemaian biji karena kokoh dan kuat. Jika indukan dari penyambungan sebelumnya dikhawatirkan induk tidak kuat. 
CARA TANAM BUAH ALPUKAT TANPA BIJI, TEKNIK OKULASI
http://leira-fruit.blogspot.co.id
Proses Okulasi
Disamping itu pemilihan bibit untuk okulasi perlu memperhatikan kualitas dan kuatitas buahnya, tidak gampang terserang hama penyakit, dan sebagainya. Untuk langkah-langkhanya okulasi seperti dibawah ini :

1. Pastikan semua alat sterial dari kotoran.
2. Lakukan Penyatan Kulit pokok pohon dengan pisau sepanjang kurang lebih 10 cm.
3. Setelah itu tariklah kulit kayu kebawah sampai menjuntai hingga seperti lidah yang melet
4. Kulit kayu tersebut Kemudian dipotong 5 cm
5. Kemudian sayat mata tunas beserta sedikit kayunya dari cabang mata tunas
6. Lepas kayu tersebut perlahan dan hati-hati untuk menghindari rusaknya mata tunas
7. Masukan kulit bermata tunas diantara kayu dan kulit batang ditutup seperti semula
8. Tahap akhir balutlah menggunakan sabut kepala jika ada, atau plastic pita usahakan mata tunas tidak tertutup oleh pembalut

PERSIAPAN DAN PENGOLAHAN TANAH
Tanah yang baik mengandung banyak bahan organic karena mudah mengikat air dan tidak mudah kehilangan air. Tanaman ini akan tumbuh optimal di tanah yang bertekstur remah,  lempung-lempung berpasir, serta banyak terdapat unsur  hara didalam tanah.  Memiliki drainase baik untuk menghindari genangan air. Jika lahan yang kita gunakan sudah siap, sebaiknya lakukan penglohan dasar seperti. Lakukan pembalikan tanah menggunakan Cangkul supaya gembur dan subur, pembersihan gulma atau rumput di lahan. Sebelum penanaman antara 3-4 hari sebaiknya lakukan pemupukan dasar menggunakan pupuk organic.

PERAWATAN
Untuk lubang tanam pada saat penanaman bisa menggunakan kotak persegi dengan ukuran 75 x 75 x 75 cm dan biarkan kurang lebih 2 minggu supaya lubang terpapar sinar matahari supaya bakteri mati didalam lubanhg tersebut.  jaraknya sendiri bisa disesuaikan dengan lahan jika lahan luas jarak yang direkomendasi 10-15 meter namun jika lahan sempit jarak bisa 5 meter. Pertumbuhan alpukat ini tegak sehingga butuh anjir untuk awal tanam. 
CARA TANAM BUAH ALPUKAT TANPA BIJI, TEKNIK OKULASI
Pemupukan Secara Benar
Setelah tanaman berusia 1-4 tahun berilah pupuk urea, SP-36 atau TSP dan KCL dengan dosis masing-masing < 1,1 kg, < 1 kg, dan < 0,83 per pohonnya. Sedangkan saat tanaman berusia 5 tahun dosis masing-masing < 3,55 kg, < 3,2 kg, dan 4 kg. Pemupukan ini bukan langsung di pohonnya melainkan melingkari pohon denga membuat lubang sedalam 30 – 40 cm. Waktu pemupukan dilakukan setahun sekali.

BISA TABULAMPOT
Tanaman Alpukat ini bisa di tanam didalam pot dengan minimal ukuran diameter pot 60 cm. tanaman ini bisa tumbuh kurang lebih setengah meter bahkan kurang dari setengah meter dengan cara pemangkasan rutin. 
CARA TANAM BUAH ALPUKAT TANPA BIJI, TEKNIK OKULASI
Tabulampot Alpukat
Media tanam sebagai dasarnya di rekomendasikan menggunakan bahan organic seperti kompos, kandang, dan sebagainya. Penyiraman yang baik dua kali sehari pagi dan sore. Pemupukan bisa dilakukan minimal 1 bulan sekali atau lebih, menggunakan pupuk NPK daun. Penanaman dalam pot ini mempermudah kita untuk memantau pertumbuhan gulma pada sekitar tanaman.



Referensi :                                   
Layanan Informasi Desa               
http://www.infoagribisnis.com      
www.infotanamanbuah.com          

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "CARA TANAM BUAH ALPUKAT TANPA BIJI, TEKNIK OKULASI"

Post a Comment