MANFAAT MSG ATAU MICIN UNTUK PERTANIAN | TANAMAN CABE SALAH SATUNYA

Jumpa lagi para kawan-kawan PMS yang berbahagia. Semoga kita selalu dijauhi dari segala-galanya penyakit apalagi penyakit jiwa👌. Kali ini saya akan membahas manfaat micin untuk pertanian.


"Kebanyakan makan micin loe" kata-kata itu sering kita dengar-dilontarkan dimedsos atau dunia nyata dan masih sering mendengar nya. Sebesanarnya micin itu tidak berbahaya jika masih dibatas aman mengkonsumsi nya. Batas aman mengkonsumsi micin menurut WHO 6 gram dan MENKES 5 Gram tiap harinya. Rata-rata dalam menkonsumsi micin kurang dari 1 gram tiap hari tapi tidak tahu kalau Anda menkonsumsi nya langsung seperti makanam atau camilan. 

Baca Juga 1. Waktu dan Cara Penggunaan POC Pada Tanaman
                 2. Pentingnya Pupuk Organik,
                 3. Pentingnya EM4 untuk Pertanian
Penyakit juga akan menyerang Anda seperti nafsu makan berlebihan akibatnya obesitas, penurunan daya ingat, ginjal dan lain-lain.
MANFAAT MSG ATAU MICIN UNTUK PERTANIAN | TANAMAN CABE SALAH SATUNYA
Micin untuk Pertanian

Micin sebenarnya ada nilai positifnya yaitu sebagai alternatif pengganti pupuk. Kita tahu sekarang dalam memperoleh pupuk sangatlah susah karena ada kebijakan pupuk bersubsidi. Nilai dari sebuah pupuk juga sangat mahal. Jika ada yang lebih murah mengapa memilih yang mahal. Oleh karena itu saya akan membahas mengenai micin alternatif pengganti pupuk yang sangat efektif.

Micin adalah vetsin atau monosodium glutamat terdiri dari glutamat, natrium dan air pembuatan micin saat ini, monosodium glutamat terbuat dari proses fermentasi industri salah satunya tanaman pembuat micin yaitu tebu. Lalu bagaimana peran micin untuk pertanian. Perannya yaitu sebagai media pupuk dengan kandungan yang dibutuhkan tanaman antara lain.

PEGANTI PUPUK PERTANIAN


Natrium (NaCl) sejatinya sangat bermanfaat bagi tanaman karena unsur ini dapat menyuburkan tanah dan memperkuat tanaman contohnya sebagai penarik mikroorganisme dalam tanah seperti cacing sehingga tanah menjadi  subur, untuk tanaman cabe yang daunnya kriting unsur ini cocok untuk mengembalikannya, tanah pasir mempunyai struktur yang mudah hilang kandungan airnya dengan unsur ini dapat mengikat kandungan air, dan banyak lagi.

Unsur monosodium glutamat juga memiliki manfaat besar karena dapat merangsang pertumbuhan pada tanaman, daun yang dihasilkan tanaman akan lebih segar dan tidak kering, bunga akan cepat mekar, memperkuat tanaman jika tanaman kuat maka akan terhindari dari penyakit, buah yang dihasilkan akan baik (manis) dan banyak lagi.

Baca Juga 1. Pupuk Kimia ( Anorganik ),
                 2. Memperbanyak EM4 dengan Mudah

Takaran dalam penggunaan micin yaitu . Siapkan micin tiap 100gram micin yang digunakan campur dengan 1 Liter air campur hingga merata. Aplikasi dalam tanaman siramkan pupuk tadi di tiap-tiap tanaman kurang lebih 100ml atau setengah gelas ukuran normal. Siramkan setidaknya 1 Minggu sekali dan diselami pupuk organik lain untuk hasil optimal. Lihat pertumbuhan pada tanaman seperti daun, batang dan akar.

Pupuk ini juga cocok digunakan untuk sayuran seperti sawi, buncis, tomat, kacang-kacangan, lada, cabe dll. Sedangkan untuk tanaman bisa digunakan untuk jeruk, apel, mangga, alpukat, dan dll. Hasil yang didapat sangat memuaskan baik segi kuantitas dan kualitas. Maka dari itu untuk menghindari biaya berlebihan akibat pembelian pupuk yang mahal, micin merupakan alternatif yang efektif untuk pengganti pupuk sehingga hasil panen baik dan melimpah. Semoga bermanfaat dan bila ada salah dalam penulisan ataupun ucapan silahkan komentar dibawah ya sobat. Terimakasih

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "MANFAAT MSG ATAU MICIN UNTUK PERTANIAN | TANAMAN CABE SALAH SATUNYA"