IKAN MAS | BUDIDAYA PEMBENIHAN IKAN MAS KOI


Pada kesempatan kali ini aku akan membahas mengenai cara pembenihan ikan mas dan koi yang baik dan benar. sorry sobat PMS! kali ini pembahasan sedikit berbeda yaaa dengan tema yang sebelumnya. karena kali ini saya tidak sengaja berjumpa dengan seorang yang menginspirasi dalam hal budidaya ikan. Waktuku jalan-jalan tidak sengaja melihat kolam yang berisi ikan besar-besar. Melihat kejadian tersebut aku tertarik untuk menanyakan kepada sang pemilik.

Namun dihari pertama saya tidak bertemu dengan si pemilik karena beliau sedang berada diluar. Akhirnya saya menitipkan pesan ke istrinya untuk janjian esok harinya. Esok harinya kukembali ke tempat itu dan akhirnya bertemu dengan pemiliknya yaitu Bapak Miseri seorang petani ikan yang sudah berpengalaman dalam dunia pertanian khususnya perikanan.
IKAN MAS | BUDIDAYA PEMBENIHAN IKAN MAS KOI
Kolam Penyemaian

Awal mula jadi petani ikan bapak satu anak ini dikarenakan hoby. Namun hobynya menjadi besar bahkan dari hasil penjualan 1 ekor ikan berjenis koi bisa membeli sepeda motor baru. Cerita tersebut yang membuat aku tertarik untuk mengetahui tips dan trik suksesnya. Dikesempatan kali ini aku akan menjelaskan mengenai pembenihannya secara singkat namun padat untuk proses perawatan dan pembesaran Baca juga [Pembesaran Ikan Hias Air Tawar Koi dan Mas (Karper)]


IKAN MAS | BUDIDAYA PEMBENIHAN IKAN MAS KOI
Calon Indukan


DASAR-DASAR PEMILIHAN BIBIT DAN PEMBENIHAN 

Namun Jika anda masih pemula dalam hal pembudidayaan langkah untuk memilih bibit yang baik yaitu bobot dari benih, ukuran dan umur. Benih yang baik yaitu berukuran kurang lebih 2 jari dan bobot 100-200 gram. Namun jika anda melakukan pembenihan sendiri hal-hal yang harus diperhatikan yaitu. Memilih indukan, pemijahan , pakan untuk benih, tempat pendederan, cuaca.

MEMILIH INDUKAN

Indukan yang baik/ unggul merupakan faktor utama untuk menghasilkan benih unggul seperti pepatah menyebutkan “buah jatuh tidak jauh dari pohonya”. Maka tidak heran jika indukan yang baik selalu dijaga dan dirawat dengan baik. Untuk memilih indukan yang baik ada hal-hal yang harus diperhatikan yaitu perbandingan bobot  maksudnya jika betina 2 kg maka pejantan 1/2 - 3/4 kg, Ikan harus Sehat tidak ada bekas luka di tubuhnya, panjang ekor harus lebih dengan lebarnya, badannya harus lebih besar dari pada tubuhnya. Untuk mengetahui jantan dan betina secara umum dapat dibedakan berdasarkan badan lebih langsing (kurus), agresif, sirip dada panjang, kepala tidak melebar, sirip dada relative kasar sedangkan betina badannya lebih gemuk, mudah jinak, sirip dada lebih pendek, kepala relative dan bentuk runcing.

PEMIJAHAN

Pemijahan dalam budidaya ikan bisa terjadi secara alami dan buatan. Menurut beliau dalam pemijahan yang harus diperhatikan yaitu bobot ikan dan perbandingan jumlah betina dan jantan. Perbandingan dalam pemijahan 2:1, 3:1, 4:2, dan seterusnya. Maksudnya jumlah betina harus lebih sedikit karena mempengaruhi proses pemijahan tambah banyak pejantanya akan lebih baik. Untuk bobotnya yang saya sebutkan diatas betina 2 kg maka pejantan ½ -3/4 kg. Proses sebelum pemijahan pejantan harus dikarantina selama 2 malam dan dikasih makanan ekstra (lebih). Proses tersebut untuk memacu nafsu si pejantan sehingga proses pembuahan lebih baik.  Setelah dikarantina betina dan pejantan dikumpulkan dikolam yang sudah disiapkan. Kolam juga harus dikasih ijuk/ wareng selama 1-2 malam. Pemijahan harus melihat cuaca karena jika cuaca dingin faktor kegagalan lebih besar.

Baca Juga [Panduan Lengkap Pembenihan Ikan Mujaer Bagi Pemula]

PAKAN UNTUK PEMBENIHAN

Pakan dalam hal ini harus diperhatikan secara benar karena pada tahap ini sangat sensitive. Karena ikan lagi butuh-butuhnya nutrisi, vitamin, dan protein untuk pertumbuhannya. Pakan yang digunakan oleh beliau yaitu kuning telur sebanyak 2 kali 1 hari selama kurang lebih 10-30 hari. Proses ini biasanya disebut pendederan 1  yang masih berbentuk larva.
IKAN MAS | BUDIDAYA PEMBENIHAN IKAN MAS KOI
Pakan Benih Ikan
PENDEDERAN 1

Pada proses pendederan terdapat beberapa alur hingga benih dewasa dan pada umumnya tingkat mortalitas 70-80% benih yang hidup. Pendederan yang dilakukan beliau sebanyak 4 pendederan. Pendederan pertama yaitu pendederan awal setelah pemijahan. Benih yang akan dilepaskan ke kolam lakukanlah secara hati bisa menggunakan jaring halus atau menggunakan panci. Penaburan benih kurang lebih 200 benih ikan/ m2 dan waktu yang cocok yaitu pagi hari. Bila perlu lakukan pemisahan berdasarkan ukuran untuk menjaga keseragaman. Setelah proses pendederan satu selama 1 bulan atau sekiranya benih berukuran  yaitu proses penyelah atau pendederan 2.

PENDEDERAN 2/ PENYELAH

Pada pendederan ini waktu yang diperlukan yaitu 1 bulan kedalaman kolam 10-15 cm pakan untuk pendederan bisa menggunakan pellet, dedak, dan sebagainya. Pendederan ini bisa dilakukan dikolam bisa juga dilakukan disawah. Versi beliau pada pendederan ini menggunakan lahan sawahnya sambil menunggu bibit padi persemaiannya. Kolam sawah ini bisa digunakan untuk pendederan jika sudah diolah dan diberi air selama kurang lebih 1 minggu. Kepadatan tebar benih sesuai kebutuhan jika benihnya berukuran 2-3 cm kepadatan antara 100 ribu-120 ribu / ha dan jika benih 4-6  cm kepadatan antara 60 ribu – 80 ribu . Jika ingin mempercepat pertumbuhan maka kurangi kepadatan tebar benihnya sehingga saat penanaman padi ikan sudah dapat dipanen. Contohnya jika ukuran benih 4-6 cm kepadatan antara 4000-7000/ha.

PENDEDERAN 3

Pendederan versi beliau yaitu menggunakan media sawah yang ada diladang yang disebut mina padi. Mina padi sendiri yaitu kombinasi dua komoditas pertanian yaitu padi dan ikan dengan memanfaatkan genangan air sawah. Pada pembenihan ini ukuran ikan antara 8-12 cm dan kepadatan benih ikan 6000-10 ribu/ ha jika menginkan pertumbuhan yang cepat kepadatan bisa dikurangi antara 1000-1500/ha. Keuntungan dari mina padi penggunaan pupuk dapat diminimalisir karena kotoran dari ikan juga berguna untuk pupuk, mengurangi resiko gagal panen, menghilangkan stress, dan kualitas padi lebih bagus. Hal yang harus diwaspadai dalam pendederan ini yaitu kedalaman kolamnya dan hamanya seperti ular, berang-berang bahkan burung. Untuk penangannya bisa menggunakan waring/ jaring disekeliling sawah. Waktu dalam pendederan ini selama kurang lebih 2 bulan . Cuaca dalam hal pembenihan dan pendederan juga mempengaruhi seperti yang saya sebutkan diatas. Jika cuaca dingin dapat mempengaruhi pertumbuhan bahkan kematian pada ikan. Untuk pemanenan bisa dilakukan saat pendederan 2 dan 3 sesuai permintaan dan kebutuhan konsumen. Sekian dari pembahasan mengenai pembenihan ikan mas jika ada salah kata dan kalimat mohon dengan sangat komentar dibawah ini. Terima kasih

Subscribe to receive free email updates:

4 Responses to "IKAN MAS | BUDIDAYA PEMBENIHAN IKAN MAS KOI"

  1. Ouh jadi tau kalau di daerah dingin mempengaruhi pertumbuhan ikan

    ReplyDelete
  2. Replies
    1. Kurang lebih seperti ini mas memang ada untuk pendederan hanya dikolam saja jika kita dekat dengan lokasi persawahan alangkah baiknya bisa dimanfaatkan cara diatas hasilnya cukup menjanjikan. jika sawahnya bukan milik kita kebanyakan orang akan lebih suka jika dipinjam untuk pembudidaya ikan

      Delete