BUDIDAYA IKAN HIAS AIR TAWAR | IKAN KOI DAN IKAN MAS


Pada artikel ini saya akan meneruskan dari artikel sebelumnya mengenai Pembenihan ikan mas dan koi. Pada tahap ini memang tidak terlalu berbeda dengan tahap sebelumnya hanya bagian-tertentu yang perlu diperhatikan. Hal-hal yang harus diperhatikan dalam pembesaran ikan mas dan koi yaitu Kolam, Aliran Kolam, Pakan, Hama dan Sirkulasi udara. Memang untuk dapat masuk dipasar ukuran harus sesuai dengan ukuran konsumsi sehingga perlu suatu pembesaran pada budidaya ikan. 
BUDIDAYA IKAN HIAS AIR TAWAR | IKAN KOI DAN IKAN MAS
Gambaar Ikan

Menurut bapak miseri ukuran yang sering dicari oleh konsumen ataupun pasar biasanya ukuran 0.5-1.5 kg. Jika ikan yang terlalu besar biasanya konsumen membutuhkan untuk peliharaan dirumah bahkan sering dibutuhkan untuk lomba memancing. Kali ini saya akan mengulas mengenai pembesaran ikan setelah benih disebar, simak ulasan dibawah ini.

KOLAM
BUDIDAYA IKAN HIAS AIR TAWAR | IKAN KOI DAN IKAN MAS
Gambar Ikan
Seperti budidaya ikan lainnya budidaya ikan ini untuk kolam perlu penangan pengoptimalan sehingga akan menghasilkan ikan berkualitas tinggi dan siap bersaing dipasaran. Penangannya seperti pengeringan, pengapuran (dolomit), perbaikan kolam, pemupukan dan pengendalian hama. Biasanya waktu untuk mempersiapkan ini butuh waktu 1-5 minggu tergantung cuaca jika musim kemarau makan akan cepat prosesnya. Perlu diketahui juga untuk kedalam kolam yang baik dalam pertumbuhannya antara 30-50 cm (cuaca dingin). Sedangkan untuk cuaca panas / dataran rendah kurang lebih 80 cm.

ALIRAN KOLAM
BUDIDAYA IKAN HIAS AIR TAWAR | IKAN KOI DAN IKAN MAS
Tipe Kolam
Aliran kolam juga sangat penting untuk pembudidayaan ikan mas dan koi. Aliran kola ini bermaksud untuk menjaga kualitas air dan pH netral air agar lebih optimal sehingga zat yang berguna seperti Oksigen akan masuk ke kolam dan membuang zat yang tidak berguna seperti Karbon Dioksida (CO2), Amonia dan lainnya. Mengapa harus dijaga kualitas airnya karena kualitas air dan suhu mempengaruhi nafsu pada ikan. Untuk aliran kolam sendiri baik ikan mas dan koki aliran harus deras karena ikan ini sangat membutuhkan oksigen (O2) untuk kelangsungan hidupnya. 






PAKAN
BUDIDAYA IKAN HIAS AIR TAWAR | IKAN KOI DAN IKAN MAS
Pakan Alternatif

Dalam budidaya ikan mas dan koi Pemberian pakan merupakan salah satu peranan penting untuk pertumbuhan ikan supaya cepat besar. Didalam pembesaran ikan semakin ikan bertambah besar maka pemberian pakan frekuensinya semakin rendah. Karena berkaitan laju frekuensi pakan dalam lambung ikan, Pemberian dapat dilakukan 2 kali sehari pagi antara pukul 7-8 dan sore 13-14, pemberian pakan pada ikan ini sebesar 3% dari bobot ikan. Jika ikan rata-rata 1 kg maka maka tiap satu ikan membutuhkan 30 gram pakan. Pakan yang baik mengandung tinggi protein, vitamin, karbonhidrat, mineral dan lemak sehingga kandungan pakan seimbang. Pakan yang digunakan bapak miseri ini menggunakan pelet, cacing, sekam padi, sisa makanan dapur dan nasi sisa. 

HAMA
Hama salah satu faktor yang ditakuti oleh kebanyakan petani karena keberadaannya yang tidak dikehendaki dan selalu merugikan. Hama ini bersifat predator dan tiada ampun jika memangsa ikan dikolam. Menurut Bapak Miseri hama yang sering dijumpai petani ikan mas dan koi yaitu ular, berang-berang (bringsang), biawak dan burung. Pada pembesaran ikan koi tantangannya lebih besar karena burung sering menyerangnya karena warnanya begitu mencolok atau cerah. Untuk penangannya bisa menggunakan waring atau jaring dibarengi dengan pengontrolan atau mengecek keadaan kolam secara berkala supaya meminimalisir serangan hama ini.

SIRKULASI UDARA
Sirkulasi udara ini dimaksudkan untuk kolam yang alirannya tidak deras atau kolam buatan karena kebutuhan akan oksigen tidak tercukupi dan menjaga kolam tetap bersih. Ikan mas dan koi ini tidak bisa tumbuh dan berkembang jika tidak ada aliran yang deras. Oleh karena itu perlu sirkulasi udara dari filter kolam atau aerator sehingga kolam terbebas dari zat-zat yang tidak diperlukan oleh ikan dan suplai oksigen terscukupi sehingga ikan tidak mudah terserang penyakit. Jika tidak ada filter dalam kolam akan berakibat fatal khususnya ikan koi karena dapat mempengaruhi warna pada ikan yang merupakan keuungulannya, menjadi cacat bahkan parahnya lagi mengakibatkan kematian. 
BUDIDAYA IKAN HIAS AIR TAWAR | IKAN KOI DAN IKAN MAS
Calon Indukan Unggul
Ouh iya menurut beliau dalam satu kolam ikan mas dan koi tidak masalah dijadikan satu. Tetapi jika ikan seperti lele, bawal, atau piranha beda ceritanya. Hehe. Dilihat dari fungsinya ikan tersebut selain sebagai ikan konsumsi juga termasuk jenis ikan hias. Pada ikan koi lebih condong ke ikan hiasnya karena memiliki warna yang begitu menarik untuk dipandang. Sedangkan ikan masnya lebih condong ke ikan konsumsi. Sekian mengenai cara pembesaran ikan koi dan mas. Jika ada salah kata atau pembahasannya silakan Komentar Dibawah ini. Terimakasih

Subscribe to receive free email updates:

3 Responses to "BUDIDAYA IKAN HIAS AIR TAWAR | IKAN KOI DAN IKAN MAS"