JENIS-JENIS LELE UNGGUL, BUDIDAYA IKAN LELE

Lele merupakan ikan tanpa sisik dan memiliki kumis yang dapat ditemukan di perarian air tawar. Ikan ini termasuk marga Clarias yang dikenal memiliki tubuh yang licin, tidak bersisik, dengan sirip punggung dan sirip anus yang juga panjang. Lele tersebar di dua benua yaitu Afrika dan Asia. Penamaan dalam ikan ini berbeda-beda setiap Negara maupun daerah. Pada penamaan internasionalnya ikan ini dikenal catfish karena mirip dengan kucing mempunyai kumis. Untuk jenisnya sebernarnya sangat banyak untuk jenis lele, selain tidak populer, juga sulit ditemukan. Tetapi di tengah-tengah masyarakat tiga jenis lele ini yang umum di budidayakan ataupun dipasarkan karena keunggulannya. Simak ulasan dibawah ini untuk lebih jelasnya.

Baca Juga [ 8 Keuntungan Usaha Ternak Lele ]

LELE DUMBO
Lele ini hampir tersebar merata Indonesia pada tahun 2002 yang diimpor dari Taiwan pada tahun 1986. Memang butuh waktu yang panjang agar terdistribusi di pelosok negeri tapi hasilnya tidak sia-sia. Lele ini sangat cepat dikenal masyarakat Indonesia karena keunggulannnya dibandingkan dengan lele sebelumnya (lele local).  
JENIS-JENIS LELE UNGGUL serta BUDIDAYA IKAN LELE
Lele Dumbo
www.eFishery.com
Lele dumbo berasal dari kata jumbo yang berarti besar bahkan beratnya bisa mencapai 7 kg lebih. Keunggulan dalam dalam hal budidaya menjadikan lele ini salah satu faktor yang disukai bagi petani ikan, diantaranya kemampuan reproduksi telur yang besar, tahan penyakit, efisiensi pakannya tinggi, dan pertumbuhannya cepat dibanding lele local. Perbandingan pertumbuhan dalam 2 hari lele local mencapai 0,2-2 mg/ekor sedangkan lele dumbo 1,2-3 mg/ekor. Maka tidak heran jika kita selalu menemukan lele jenis ini di warung makan, kantin sekolah, area kampus dan sebagainya. Walaupun rasa dari jenis lele dumbo kalah gurih dengan lele local yang kita kenal.

LELE SANGKURIANG
Asal usul lele ini tidak patut dicontoh dalam kehidupan sehari-hari kita. Mengapa demikian, terciptanya lele jenis ini karena anaknya dikawinkan dengan ibunya sendiri sehingga dinamakan lele sangkuriang. Lele yang dikawinkan berasal dari lele dumbo generasi kedua F2 (betina) dikawinkan dengan generasi keenamnya F6 (pejantan). F2 dan F6 koleksi dari Balai Besar Pengembangan Budidaya Air Tawar (BBPBAT). 
JENIS-JENIS LELE UNGGUL
Lele Sangkuringan
Fb Lelesangkuriang

Lele jenis unggul ini memiliki tingkat pertumbuhan yang cepat dibandingkan lele dumbo bahkan hingga dau kali lipatnya. Penelitian melaporkan panjang tubuh bisa mencapai 5.4 cm dalam 3 minggu sedangkan lele dumbo hanya 2,9 cm. Bukan hanya itu tahun 2010 peneti mengembang biakan dengan persilangan lele sangkuriang dengan lele Sungai Nil. Konon hasil dari persilangan ini menghasilkan lele sangkuriang 2 dengan pertumbuhan 10x lebih cepat.
Kelemahan lele ini hanya pada pembenihannya, jika dilakukan pengembangbiakan melalui indukan lele sangkuriang kualitas yang dihasilkan akan menurun, karena benih hasil indukan lele sangkuriang khusus produksi konsumsi saja. Berbeda dengan lele dumbo yang bisa kita jadikan calon indukan untuk perkembangbiakan. Oleh karena itu jika kita ingin menambah jumlah indukan, petani harus membeli ke balai benih ikan.

LELE PHYTON

Mendengar kata Phyton maka kita akan tertuju dengan jenis ular yang besar dan mematikan. Sama halnya dengan lele ini, kepala dengan bentuk pipih memanjang dan mulutnya yang kecil hampir menyerepui dengan ular phyton maka dari itu dinamakan lele phyton. Bentuk tubuh lainnya seperti kumis lebih panjang, bentuk tubuh sedikit lebih pendek dan badannya lebih gemuk dibandingkan dumbo, dan bentuk ekor bulat.
JENIS-JENIS LELE UNGGUL
Lele phyton
www.eFishery.com


Asal usul lele ini sama halnya dengan lele sangkuringan, lahir dari persilangan induk betina lele Thailand dengan indukan jantan lele dumbo (F6). Lele yang dihasilkan dari persilangan ini memiliki keunggulan pertumbuhan sangat cepat hanya 45 hari bisa panen, pertumbuhan seragam, tingkat kelangsungan hidup tinggi, relative tahan penyakut, dan mampu hidup dicuaca yang dingin sehingga SR lebih tinggi mencapai 90%.

Maka tak heran jika jenis ini salah satu jenis ikan yang diakui kualitasnya oleh Dinas Perikanan Budidaya Provinsi Banten. Itulah jenis-jenis lele unggul untuk budidaya, jika ada salah kata dan penyampaian mohon komentar dibawah ini. Untuk Lebih Jelas mengenai Lele Phton Baca juga [ coming son ].



Referensi
Budianto, H. 2015. Budidaya Unggul Lele Phyton. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "JENIS-JENIS LELE UNGGUL, BUDIDAYA IKAN LELE"

  1. Saya gak minat budidaya lele saya minatnya makan lelenya doang...

    ReplyDelete