4 USAHA SAMPINGAN MENGUNTUNGKAN DI BIDANG PERTANIAN. NOMOR 4 MENJANJINKAN

Jumpa lagi para kawan-kawan PMS yang berbahagia. Semoga kita selalu dijauhi dari segala-galanya penyakit apalagi penyakit jiwa👌. Kali ini saya akan membahas kerja sampingan di bidang pertanian. Baca Juga 7 Bisnis yang Cocok Saat Musim Hujan

Bicara soal usaha selalu digambarkan dengan bayang-bayang modal besar dan kegagalan dalam menjalaninya. Untuk menghindari itu kita harus pintar-pintar memutar otak. Jika anda mempunyai pekerjaan dan ingin usaha  apalagi usaha sampingan pilihlah usaha yang sekiranya tidak menggangu pekerjaan utama karena sekedar mengisi dapur atau untuk jajan anak-anak dirumah. Biasanya usaha sampingan ini secara tidak sengaja bisa jadi besar bahkan pekerjaan utama yang ditinggalkan.

Banyak kejadian seperti itu dilingkungan kita. Karena penghasilan lebih besar, banyak waktu kumpul keluarga dan banyak faktor-faktor lainnya. Tetapi saya akan membahas  usaha sampingan seputar pertanian dari lingkungan saya. Usaha yang cukup menggiurkan untuk sampingan yaitu.

1. Menanam Pohon Sengon.
4 USAHA SAMPINGAN MENGUNTUNGKAN DI BIDANG PERTANIAN. NOMOR 4 MENJANJINKAN
Tanam Sengon

Mengapa usaha ini menggiurkan karena usaha ini mudah dilakukan seperti pemasaran (banyak dibutuhkan pabrik-pabrik, mebel, dan lainnya), perawatan dan penghasilan lumayan namun cukup lama penghasilan yang didapatkan karena sengon butuh sekitar 2-3 tahun dan lahan yang memadai. Biaya yang dikeluarkan juga dikit untuk perawatan hanya main pada pupuk jika ingin minim pengeluaran alangkah baiknya pupuk organik yang diguanakan untuk menghasilkan sengon berkualitas. 

2. Budidaya Sapi Pedaging.

Jika Anda berasal dari perkebunan pastinya ada tempat untuk budidaya sapi. Maka dari itu manfaatkan kesempatan itu dengan membeli sapi dan kita membayar orang untuk merawatnya sistem pembayarannya yaitu paruh hasil saat menjualnya contoh awal mula sapi harga 5 juta dan dijual 10 juta maka 5 jutanya dibagi hasil dengan perawtnya. Namun modal ini cukup lumayan sebanding dengan hasilnya juga.

3. Memanfaatkan Pekarangan Rumah.
4 USAHA SAMPINGAN MENGUNTUNGKAN DI BIDANG PERTANIAN. NOMOR 4 MENJANJINKAN
Pekarangan

Pemanfaatan pekarangan rumah juga bisa digunakan bertani kecil-kecil hanya untuk mengisi dapur contohnya bertani Lombok (jika harga melambung tinggi maka bisa meraup untung), tomat (seperti cabe harga tomat juga sering naik turun), selada hitan (jika mengerti cara bertani  tanaman ini hasil yang didapat cukup lumayan karena harga jual cukup tinggi), sawi (tanaman ini hanya butuh 1-2 untuk panen), dan banyak tanaman lainnya. 

4. Budidaya Ikan
4 USAHA SAMPINGAN MENGUNTUNGKAN DI BIDANG PERTANIAN. NOMOR 4 MENJANJINKAN
Budidaya Ikan

Budidaya ini juga bisa dilakukan dihalaman rumah selain digunakan sebagai pekarang, halaman juga bisa dimanfaatkan sebagai kolam kecil-kecilan. Seperti budidayasa ikan Lele, Nila, dan ikan lainnya sekiranya masih dibutuhkan pasar. Ikan Lele dan Nila permintaan pasar tinggi, peminatnya juga tinggi dan mempunyai harga jual merupakan nilai plus dari budidaya ikan tersebut. Dari segi perawatan ikan ini sangatlah mudah daripada ikan lainnya dan banyak orang bisa melakukannya. Dan ikan ini cepat tumbuh dan berkembang biak (Nila). 

Baca Juga [ 8 Keuntungan Usaha Ternak Lele ]

Budidaya ikan ini hanya butuh beberapa bulan kita bisa panen dan mendapatkan hasil yang lumayan dari modal relatif kecil. Manfaat lain dari kolam ini juga sebagai pelepas rasa jenuh dan capek sepulang dari kerja. Karena akan membuat kita tenang dan rileks.
Sekian tips sederhana saya semoga bisa bermanfaat. Amiin.....
Silahkan komentar untuk menyempurnakan artikel diatas.
Terimakasih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "4 USAHA SAMPINGAN MENGUNTUNGKAN DI BIDANG PERTANIAN. NOMOR 4 MENJANJINKAN"

Post a Comment