DAMPAK DAN MANFAAT LETUSAN GUNUNG BERAPI UNTUK PERTANIAN

Jumpa lagi para kawan-kawan PMS yang berbahagia, semoga kita selalu dijauhi dari segala-galanya penyakit apalagi penyakit jiwa hehe. Kali ini saya akan membahas mengenai dampak letusan gunung berapi untuk pertanian. sebelum membahas lebih jauh mari kita bernostalgia mengenai gunung berapi. Dulu waktu SD jika kita disuruh mengambar kebanyakan menggambar gunung ditengahnya ada jalan dan pinggirnya pertanian. 

Pernah kalian berfikir mengapa selalu ada pertanian didaerah gunung berapi. Oke saya akan menjelaskan secara singkat di pembahasan artikel ini. Letusan gunung berapi adalah dimana keadaan didalam perut bumi yang panas akan distabilkan dengan mengeluarkan material yang umumnya mengandung Si02, H2O, CO2, Ai2O3 sedankan abu vulkanik mengandung Si, Fosfor, Kalium, Kalsium, Mineral, Besi , dll. 

DAMPAK DAN MANFAAT LETUSAN GUNUNG BERAPI UNTUK PERTANIAN
Gunung Berapi


Jika skala letusan hebat akan mengeluarkan sulfur sehingga mempengaruhi iklim dibumi yang berdampak pada perubahan musim. Dan mempengaruhi suhu bumi serta menurunkan pemanasan global karena asap dan butiran asam sulfat yang dimuntahkan dapat menghalangi matahari dan menurunkan suhu bagian bawah bumi dan menimbulkan matahari senja seperti yang terjadi di London tetapi materialnya dapat menyerap panas sehingga memanaskan stratosfer. 



Gunung berapi jika meletus menimbulkan bencana erupsi pada daerah radius tertentu (berbahaya). Abu vulkanik yang dihasilkan akan melumpuhkan transportasi udara. Namun gunung berapi juga memiliki kelebihan yang vital di bumi ini seperti disebutkan di surat An Nahl, 16:15 yang artinya Dan Dia menancapkan gunung-gunung di bumi supaya bumi itu tidak goncang bersama kamu, (dan Dia menciptakan) sungai-sungai dan jalan-jalan agar kamu mendapat petunjuk. Sangat jelas pernyataan tersebut bahwasannya Gunung berapi sangat bermanfaat sebagai menyimbang di bumi. 



Manfaat lainnya di bidang pertanian yaitu abu vulkanik berguna sebagai bahan campur media tanam, penyubur tanah akibat dari abu vulkanik yang jatuh melalui proses yang lama karena mengandung unsur hara tinggi bagi tanaman namun dalam jangka pendek abu vulkanik akan menurunkan ph tanah sebesar 4.5-5.5 sedangkan tanah dikatakan subur jika mempunyai pH netral 6-7. Oleh karena itu untuk meminimalisir dampak dari gunug berapi perlu hujan atau penyiraman. 




Berdasarkan dari beberapa refensi manfaat unsur Silika (Si) dapat mencurahkan material-material yang ada didalam tanah. Pemberian Si dapat meningkatkan daya tahan pada tanaman sehingga tidak dapat terserang penyakit, dapat menetralkan pH tanah, memperkuat batang tanaman. Unsur selain Si sebagai penyubur tanah yang terdapat dalam abu vulkanik yaitu Al, Mg dan besi. Maka tak heran jika disekelilingi gunung berapi dikelilingi pertanian, sesampai ada pepatah tanamlah tongkat (Singkong) niscaya akan tumbuh menjadi tanaman. 




Sehingga kita dapat menjawab apa tujuan kita menggambar Gunung ditengah-tengah ada jalan dan sekitarnya ada pertanian waktu SD dulu jawabannya simpel karena tanahnya subur yang baik untuk tanaman. Bencana alam memang selalu dikaitkan dengan cobaaaNya, Cobaan akan ringan jika memikirkan jalan keluarnyakarena semua cobaan pasti ada jalan. 




Semoga Berguna Kawan PMS. Silakan Komentar Untuk Menyempurnakan Artikel Diatas. Terima Kasih



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "DAMPAK DAN MANFAAT LETUSAN GUNUNG BERAPI UNTUK PERTANIAN "

Post a Comment