CARA BUDIDAYA IKAN GURAME ATAU GURAMI SUPAYA CEPAT BESAR DAN CEPAT PANEN

Ikan gurame (Osphoronemus Gouramy) atau gurami adalah jenis ikan yang tersebar di perairan asia tenggara. Dari beberapa refensi yang saya baca ikan ini berasal dari Perairan Indonesia tepatnya di Pulau Jawa bagian Barat lalu menyebar ke Negara Asia Tenggara hingga ke Perairan Amerika. 
CARA BUDIDAYA IKAN GURAME ATAU GURAMI SUPAYA CEPAT BESAR DAN CEPAT PANEN
Gurame/Gurami

Ikan gurame merupakan jenis salah satu ikan tawar yang pupoler dan banyak peminatnya walaupun harga jual relative mahal maka tidak jarang banyak orang-orang ingin membudidayakan. Namun banyak kendala dalam hal budidaya gurame ini seperti pertumbuhannya yang lambat, tempat untuk kolam, airnya, nutrisi, pakan dan penyakit. B

Baca Juga 


Sehingga banyak petani yang beralih ke ikan lain walaupun lebih murah penjualannya. Oleh karena itu permintaan dipasar tidak bisa dicukupi oleh pemasok ikan gurame ini. Permintaan pasar meningkat dikarenakan masyarakat kian sadar akan pentingnya protein hewani. Dibanding sumber protein hewani lainnya seperti daging sumber protein ikan lebih mudah didapatkan dan relative lebih murah. Maka dari itu dilihat dari segmen pasar dan harga jualnya tinggi budidaya gurame merupakan salah satu pilihan yang tepat. Artikel ini akan membahas secara singkat mengenai tips dan trik budidaya gurame.

PRA Budidaya
Perlakuan dini sebelum budidaya ikan perlu dilakukan seperti pembersihan kotoran kolam sebelum penyebaran benih ikan untuk menghindari penyakit yang tidak diinginkan seperti cacar air, jamur dan lain-lain. 

Lalu kolam dikeringkan bebehari kedepan sekitar 1-2 minggu dan sebarkan dolomit atau kapur pertanian bisa didapatkan di toko pertanian untuk menetralkan pH. Seperti tanaman yang terkena penyakit bila terserang segera dicabut atau dimusnahkan namun berbeda perlakuan untuk ikan hanya dipisahkan dan diobati secara intensif menggunakan larutan garam kurang lebih 20 mg/l selama satu jam.


Pemilihan Bibit Gurami
Memilihan bibit ini merupakan hal terpenting pertama karena mempengaruhi hasil kedepannya. Bibit yang dipilih harus benar-benar sehat secara fisik. Pilihlah bibit sekiranya cukup umur antara 10-12 bulan  dan bobotnya antara 100-150 gram karena untuk menghindari angka kematian, ukuran yang seragam, dan sisik normal atau tidak ada luka. Jikalau anda beli bibit di Perikanan supaya di anter ke lokasi kolam biayasanya petugas mempunyai wadah khusus sehingga bibit ikan aman. 

Jarak pembelian bibit juga harus diperhitungkan karena ikan ini sulit beradaptasi / penyesuaian diri terhadap lingkungan sehingga mudah stress hingga mati. Belilah bibit disekitar lingkungan kolam atau tempat tinggal untuk mempermudah ikan adaptasi.

Pakan Ikan Gurame
Pakan pokok untuk gurame secar umum pelet. Namun pakan juga disesuaikan dengan umur ikan karena ikan saat masih kecil bersifat karnivora atau pemakan daging bisa menggunakan plankton menggunakan probiotik atau menggunakan ulat pita. namun pada waktu dewasa relative bersifat herbivore atau pemakan tanaman. Namun pemberian pakan bisa dikombinasikan antara protein hewani dan nabati karena protein ini sama-sama baik untuk pertumbuhan ikan. 

Protein hewani bisa diperoleh dari tepung ikan mengingat kandungan asam amino esensialnya sangat menunjang yang baik untuk pemercepat ikan gurame namun harga dipasaran relative tinggi. Sedangkan untuk protein nabati bisa didapatkan dari kangkung, singkong ubi jalar, papaya dan lain-lain. untuk Kandungan protein yang baik pada ikan kurang lebih 40 % dari pakan ikan.

Tempat Pembudidayaan
Pilihan tempat yang harus di perhatikan untuk budidaya ikan gurame yaitu kolam harus benar-benar tenang dan sinar matahari harus benar-benar tercukupi karena untuk suhu pengoptimalan pertumbuhan pada ikan antara 25-28 derajat Celcius. Ketinggian tempat juga mempengaruhi pertumbuhan gurame semakin tinggi datarannya maka tidak baik pertumbuhannya. 

Sejatinya ikan gurame habitat aslinya  hidup di perairan tenang seperti rawa atau danau dan didataran rendah dan ketinggian tempat maksimum 800 MdpL. Baiknya lagi jika kandungan oksigen selalu tercukupi didalam kolam cara ini bisa menggunakan aerator. Demikian artikel mengenai Pembudidayaan Ikan Gurame/ Gurami. Semoga berguna

Subscribe to receive free email updates:

8 Responses to "CARA BUDIDAYA IKAN GURAME ATAU GURAMI SUPAYA CEPAT BESAR DAN CEPAT PANEN"