TANAMAN YANG COCOK DI SAAT MUSIM HUJAN

Jumpa lagi para kawan-kawan PMS yang berbahagia. Semoga kita selalu dijauhi dari segala-galanya penyakit apalagi penyakit jiwa👌. Diantara kalian pernah kalian berpikir jika di musim tak menentu ini petani akan tertidur pulas?. Mungkin sebagian ada yang tidur pulas dan ada yang tidak karena. Tergantung bagaimana menyikapinya jika kita bisa memutar otak dan mencari solusinya maka akan menghasilkan baik dan jika kita pasrah (tidur pulas) hasilnya ya pasrah juga. Hehe.
TANAMAN YANG COCOK DI SAAT MUSIM HUJAN
Intensitas Hujan Tinggi
Di musim hujan ini kebanyakan tanaman akan kelebihan air yang berakibat buruk pada  pertumbuhan tanaman. Sejatinya tanaman membutuhkan air tetapi jika berlebihan air akan berakibat gagal panen. Gagal panen ini disebabkan oleh banyak faktor salah satuya berlebihan dalam hal air yang dihasilkan air hujan. 
TANAMAN YANG COCOK DI SAAT MUSIM HUJAN
Tergenang Tanaman

Seperti saat ini musim tak menentu hampir hujan setiap hari. Matahari hampir malu untuk sekedar menampakan diri yang berfungsi untuk kebutuhan fotosintesis tanaman, pertumbuhan dan kebutuhan lainya. Bagaimana tidak pusing para petani dengan musim saat ini. Tetapi jika kita hanya pasrah berarti kita bukan petani tegar (Pantang Menyerah).

Bagaimana kita menyikapinya? Kita ambil nilai positifnya saja jika kita kekeringan atau tidak ada hujan akibatnya lebih buruk. Sering petani berebut air hingga saling menjatuhkan satu sama lain hanya untuk mengairi sawah atau ladangnya. Maka dari itu kita ambil nilai positif saja contohnya para petani padi akan memulai tanaman mereka karena waktu yang cocok sehingga pekerjaan akan lebih ringan daripada musim kemarau. Kita bisa beralih dari tanaman ke sayuran dengan pertimbangan varietas yang digunakan unggul (kuat), toleran terhadap curah hujan tinggi, pengukuran pH, jarak tanam, dan sebagainya. 

Baca Juga [Penanganan Tanaman Cabe saat Musim Hujan ]
TANAMAN YANG COCOK DI SAAT MUSIM HUJAN
Contoh Sayuran Kangkung

Sayuran yang cocok untuk musim hujan yaitu sayuran dengan umur pendek dan membutuhkan banyak air. Jenis-jenis sayuran antara lain terong, bayam, kangkung, sawi, dan sebagainya. Dibawah ini saya akan menjelaskan secara singkat mengenai sayuran yang patut anda coba dirumah saat musim hujan.

Terong
Sayuran ini cocok untuk alternative pengganti tanaman di musim hujan karena sayuran ini relative umurnya pendek dan membutuhkan banyak air. Namun jika terdapat genengan air jika menanam dibedengan supaya langsung di tangani agar akar tidak sampai kena airnya karena dapat mempengaruhi pertumbuhannya hingga mati. Namun jika menggunakan polybag maka akan lebih baik hasilnya namun biaya sedikit membengkak.

Kangkung
Jenis sayuran ini sudah umum dikalangan masyarakat dan tak heran sayuran ini sering ada di meja makan kita untuk sayuran pendamping nasi. Sayuran ini terdiri dari 2 jenis yaitu kangkung air dan darat. Jenis kangkung air sangat mudah dibudidayakan bahkan di sungai banyak sayuran ini tumbuh secara liar. Pembudidaan sayuran jenis air hanya perlu sebuah batang kedalam air maka beberapa hari kedepan akan tumbuh subur. Sama halnya dengan kangkung darat menanamnya hanya butuh sebuah batang ditancapkan dengan permukaan yang cukup airnya. Maka akan tumbuh hijau dan subur beberapa hari kedepan. Bibit tanaman ini juga tersedia di toko pertanian.

Mentimun
Sayuran ini merupakan salah satu komiditi pangan yang ada di Indonesia. mentimun sering dibutuhkan karena permintaan pasar yang tinggi. Seperti halnya untuk kuliner tidak heran jika sayuran ini selalu ada di kebanyakan kuliner seperti lalapan, pecek, urap-urap dan lainnya. Budidaya tanaman ini relative mudah dan tidak membutuhkan modal besar. Penangan khusus yaitu saluran drainase untuk dipertinggi menghindari genangan air ke akar.

Bayam
Bayam merupakan sayuran hijau yang dimanfaatkan daunnya. Sayuran ini terkenal dengan tinggi zat besinya. Tanaman ini mudah di budidayakan dan umurnya relative pendek. Sehingga mudal yang dikeluarkan dapat ditekankan atau kecil karena tidak membutuhkan perlakuan intensif hanya dasar-dasarnya saja. Awal tanam yang baik untuk sayuran ini yaitu pada musim hujan sehingga mendapatkan suplay air yang cukup. Baca juga [Cara Budidaya Bayam Dengan Tepat dan Benar]

Sawi
Sawi merupakan sayuran yang umum dan memiliki rasa yang lezat. Banyak makanan yang dapat ditemui menggunakan sawi seperti bakso, mie, nasi goring dan banyak lagi. Jenis sawi sendiri terdapat 2 jenis yaitu sawi putih dan hijau. Sawi hijau yang popular karena harganya relative lebih murah. Budidaya sawi ini sama halnya seperti sayuran lain relative mudah dan umurnya pendek. Disarankan jika menanam sayuran ini secara bertahap atau tidak bersamaan sehingga waktu panen tidak bareng untuk meminimalisir penumpukan dan mengendalikan harga dipasar. (tumpang sari)
Pada penjelasan diatas bahwasannya untuk pembudidayaan sayuran dibutuhkan banyak air yang cocok untuk musim hujan, perawatan relative mudah, umurnya pendek dan modal untuk bertani sayuran lebih kecil. Untuk mendapatkan hasil yang memuaskan dan meminimalisir kerugian perlu suatu perlakuan tambahan seperti penambahan pupuk bisa menggunakan pupk organic (MicinPOC, dan sebagainya), perawatan, dan pengendalian hama sejak dini karena intensitas serangan hama lebih besar.
Sejatinya hujan turun kehendakNya kita tidak bisa menghelaknya atau menghindarinya. Kita hanya bisa mengambil hikmah dan tetap berusaha untuk meminimalisir gagal panen dan mencari solusi terbaik untuk terus berjalan kedepan. Semoga kita dijauhi dari mara bencana dan sehat selalu.



Subscribe to receive free email updates:

4 Responses to "TANAMAN YANG COCOK DI SAAT MUSIM HUJAN"

  1. kangkung tanamnya seperti stek y om? kl untuk perumahan yang cocok cuma kangkung om

    ReplyDelete
  2. Bisa om tanamnya pakek stek. Bisa juga dengan bibit yang ada di toko pertanian. Banyak om tergantung tempat n lingkungan

    ReplyDelete
  3. iklan gak muncul di kompi saya gan
    sawi yang lebih mudah ya gan dan harga dipasaran juga stabil

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang sering gag muncul om, ya om sawi bisa direkomendasikan karena perputaran uang lebih cepat dan mudah dilakukan.

      Delete