PENTINGNYA EM4 UNTUK PERTANIAN

Pada Kesempatan kali Ini saya akan Menjelaskan Produk Pertanian yang sangat berguna yaitu EM4.
EM4 itu apa sih?
Kegunaaannya buat apa ya?
Kebanyakan orang belum mengetahui dari khasiat sakti si botol kuning ini. Namun dari kalangan pecinta pupuk organik EM4 yang mempunyai ciri khas bau yang asam manis tidaklah asing karena EM4 ini Bakteri Starter (bakteri yang ada dalam botol) atau bakteri tidak hidup atau tidak mati untuk Fermentasi Sampah dan Bahan Organik.

Baca Juga
Mengapa dikatakan bakteri tidak hidup atau tidak mati karena EM4 akan bekerja jika ada pengikatnya contohnya  molasses atau gula merah. Sehingga bakteri akan hidup. EM4 ini Cocok untuk digunakan sebagai bakteri starter yang mengandung sifat bakteri baik untuk fermentasi seperti Genus Lactobacillus, Jamur Fermentasi, Actinomycetes Bakteri Fotosintentik, Bakteri Pelarut Fosfat, Ragi, dll. Dalam pembuatan pupuk kompos dari sampah dan bahan organik lainnya, baik menggunakan tong drum, jerigen jika ingin membuat pupuk Cair, komposter maupun langsung ditanah ini dengan dicampurkan air langsung atau saat penanaman.


Produk EM4 Pertanian sangatlah banyak dan yang umum biasanya untuk pertanian (Kuning), perikanan (Merah Muda)dan pertenakan (Coklat). Produk ini merupakan bakteri fermentasi bahan organik tanah menyuburkan tanaman, memperbaiki sifat tanah dan menyehatkan tanah. Namun saya akan menjelaskan EM4 yang warna kuning karena setiap warna itu berbeda FUNGSINYA !!.

EM4 ini Terbuat dari hasil seleksi alami mikroorganisme fermentasi dan sintetik di dalam tanah. EM4 Pertanian dalam kemasan berada dalam kondisi tidur yang sebutkan tadi diatas tidak mati dan tidak hidup. Bila waktu diinokulasikan dengan cara menyemprotkannya ke dalam bahan organic atau diikatkan oleh pengikat dan bisa langsung ke tanah atau pada batang tanaman, EM4 Pertanian akan aktif dan memfermentasi bahan organik yang ada dalam tanah berupa senyawa organik yang mudah diserap langsung oleh perakaran tanaman misalnya gula, alcohol, asam amino, protein, karbohidrat, vitamin dan senyawa organik lainnya.

Untuk mengetahui cara pembuatan pupuk organik menggunakan EM4 Baca juga [ Pembuatan POC Menggunakan Air Beras ]

Manfaat EM4 Pertanian
1. Hemat pangkal kaya dan tidak menimbulkan kerusakan lingkungan
2. Menyehatkan tanaman sehingga terlihat indah dan hasil memuaskan
3. Memperbaiki sifat fisik, kimia dan biologi tanah.
4. Meningkatkan produksi tanaman dan menjaga kestabilan produksi.
5. Memfermentasi dan mendekomposisi bahan organik tanah dengan cepat (bokashi).
6. Menyediakan unsur hara yang dibutuhkan tanaman.
7. Meningkatkan keragaman mikroba yang menguntungkan di dalam tanah.

Dosis yang digunakan setiap 1 liter air perlu dicampurkan 1 tutup botol EM4 atau 10 ml hebat bukan. 
Untuk lebih lanjutnya silahkan baca di petunjuk yang ada didalam kemasan. Dimohon  jika ada salah  dalam penulisan atau ucapan komentar dibawah ya sobat. Terimakasih

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "PENTINGNYA EM4 UNTUK PERTANIAN"

Post a Comment