TIPS BERTANI DARI ORANG SUKSES

Motivasi untuk sukses
Sore hari diselimuti udara dingin, hujan rintik-rintik dan ditemani secangkir kopi membuat hati, pikiran menjadi fresh dan tidak menabrakkan ke Tiang Listrik atau bahkan lompat ke sungai akibat kerasnya kehidupan. Obrolan santai, solusi hingga kritik menjadi pelengkap untuk melewati hari penuh dengan canda tawa bahkan sedih. Kalah itu saya kebetulan bertemu dengan seorang petani sukses yang mempunyai segudang ilmu mengenai pertanian. Sayangnya hanya sedikit ilmu yang aku gali namun sangat bermanfaat sekali. Saya akan memaparkan triknya orang tersebut. Langsung saja poin-poin pentingnya sebagai berikut :


  • Jangan Mengikuti Trend
Bertani jangan mengikuti harga pasar karena belum tentu jika panen harga masih tinggi dan kebanyakan orang gagal panen akibat mengikuti trend ini.
  • Melakukan Survey
Survey yang dilakukan orang tersebut keliling keluar kota apa saja yang lagi musim di masing-masing kota tersebut tak tanggung-tanggung di menghabiskan 1-2 minggu ini melakukan ini dan merupakan kunci suksesnya.
  • Musim Tanam
Melihat musim dalam menentukkan pola tanamnya.
  • Berjiwa Sosial
Mudah bergaul sesama petani dan tidak pandang bulu hal ini saya masih banyak menjumpai sesama petani enggan berteman karena takut obat atau pupuknya diketahui petani lain, perebutan air hingga menjatuhkan korban, dan perebutan lahan.
  • Manejemen Baik
Pembukuan harus detail antara pemasukan dan pengeluran.
  • Memiliki Orang Kepercayaan
Dalam memilih ini kita harus tahu karakter si orang, latar belakangnya jikalah kita tidak dilapang apa yang disampaikan sesuai.
  • Agresif
Dimana petani harus selalu agresif dalam mendapatkan peluang sehingga pendapatan meningkat.
  • Kompak
Kompak dalam hal ini yaitu kerja sama antara petani. Tindakan kecil yang bisa dilakukan dalam harga operasional bahkan harga produk dengan musyawarah. Membentuk suatu kelompok yang fokus pada masing-masing bagian bila mana pada kelompok produksi maka fokusnya di bagian menjual hasil. Tapi dilihat dari budaya negeri ini masih sulit diterapkan.
  • Melawan tengkulak
Cara ini bisa dilakukan jika antar petani seperti poin 8 yaitu kompak. Caranya dengan melakukan pelelangan suatu produknya.
  • Inovatif dan Proaktif
Selalu melakukan inovasi yang tertuju dengan hal baru atau fresh. Sehingga peminat pasar akan semakin luas dan tidak selalu menunggu bola tetapi menjemputnya dengan pertimbangan yang matang serta diperhitungkan.

Sekian tips sukses yang mungkin bisa anda pakai dari pengalaman orang tersebut dan dari sumber-sumber yang aku kumpulkan. Bila ada tutur kata dan kalimat yang salah mohon diluruskan dengan komentar dibawah ini. Terimakasih

Subscribe to receive free email updates:

5 Responses to "TIPS BERTANI DARI ORANG SUKSES"