PENTINGNYA PENGELOLAAN WILAYAH SUNGAI UNTUK PERTANIAN DAN LINGKUNGAN


Sungai merupakan suatu sumber daya alam yang terus mengalir dari hulu ke hilir jika kita manfaatkan dengan baik maka timbal baiknya akan terasa. Sungai juga merupakan sumber daya alam yang sangat berperan penting dalam kehidupan masyarakat yang berada di wilayah sekitarnya. Sebagai contoh dimanfaatkan sebagai tempat rekreasi arum jeram, tetapi jika dimanfaatkan sebagai tempat sampah maka dampak yang ditimbulkan orang akan enggan untuk datang bahkan melihatpun sungai itu  dan akan merusak lingkungan.
Menurut Fauzi (2004), penilaian barang dan jasa yang dihasilkan dari sumberdaya alam dan lingkungan dapat dinilai secara moneter. Nilai penggunaanya dapat secara langsung dan tidak langsung yang dapat dirasakan. Nilai langsung yang dihasilkan tersebut seperti ikan, bambu, batu, pasir, air bahkan pencemaran sekalipun dapat dihitung nilai rupiah atau nilai ekonominya karena diasumsikan bahwa pasar itu eksis (market based), sehingga transaksi barang dari sumberdaya alam tersebut dapat dilakukan.

PENTINGNYA PENGELOLAAN WILAYAH SUNGAI
Dampak Banjir

Sehingga perlu pengelolaan sungai dalam upaya menjaga kontinuitas ketersediaan air dikawasan DAS (Daerah Aliran Sungai). Suatu DAS dapat terdiri dari atas sub-DAS urutan pertama, sub-DAS urutan kedua dan seterusnya (Asdak, 1995). Karena menurut Badan Pusat Statistik (BPS) penduduk Indonesia kian meningkat dan tidak tutup kumumgkinan pertumbuhan pembangunan kian pesat bahayanya lagi kalau lahan yang digunakan untuk pemukiman bantaran sungai sehingga menimbulkan banjir.
Pemerintah dalam hal ini berperan dalam mengawasi Kawasan lindung disebutkan dalam keppres no. 32 tahun 1990 mengenai Pengelolaan Kawasan Lindung. Kawasan ini Sekurang-kurangnya 100 meter di kiri kanan sungai besar dan 50 meter di kiri kanan anak sungai yang berada di luar pemukiman. Untuk sungai dikawasan pemukiman berupa sempadan sungai yang diperkirakan cukup untuk dibangun jalan inspeksi antara 10-15 meter.

PENTINGNYA PENGELOLAAN WILAYAH SUNGAI
Banjir Hulu


PENTINGNYA PENGELOLAAN WILAYAH SUNGAI
Data Statistik Kependudukan
Permasalahan lainnya pemukiman di bantaran sungai menimbulkan pencemaran oleh limbah domestik dan kurangnya daerah resapan air. Pola pikir akan dampak yang ditimbulkan oleh pembangunan itu sendiri masih minim. Hal ini akan menyebabkan banjir pada musim penghujan, karena daerah resapan air semakin sempit sehingga volume air sungai cepat meluap. Kondisi ini mengakibatkan berbagai kerugian besar baik kerugian materi dan non materi. Bagi para petani merupakan suatu ancaman untuk ladang mereka karena dapat mengakibatkan gagal panen.

Sumber :

Anonim, 1990. Kepres RI No.32 Tahun 1990 Tentang Pengelolaan Kawasan
Lindung
Asdak. 1995. Hidrologi Dan Pengelolaan Daerah Aliran Sungai. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
Badan Pusat Statistik. 2017. Proyeksi Jumlah dan Laju Pertumbuhan Penduduk Indonesia 2010, 2014-2015. BPS Jawa Timur. Surabaya.
Fauzi, A. 2004. Ekonomi Sumberdaya Alam dan Lingkungan: Teori dan AplikasiP. T. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "PENTINGNYA PENGELOLAAN WILAYAH SUNGAI UNTUK PERTANIAN DAN LINGKUNGAN"

Post a Comment