KELEBIHAN DAN KEKURANGAN PUPUK ANORGANIK (KIMIA). NO 2 PALING BERBAHAYA BAGI TANAH

Pupuk ini merupakan pupuk kimia yang dapat digunakan semua jenis tanaman yang sejatinya memiliki kadar Nitrogen yang tinggi dan memiliki peranan untuk menyuburkan tanah, mempercepat pertumbuhan tanaman, Menambah protein pada tanaman, memperkuat tanaman dari ancaman hama dan gulma, dan menghijaukan tanaman.
Nitrogen dengan jumlah yang cukup besar sangat baik pada fase pertumbuhan memasuki fase vegetatif dan bersama unsur dalam mengatur pertumbuhanan tanaman secara keseluruhan. Pupuk ini juga mudah menguap sehingga penyimpan harus benar-benar diperhatikan jika unsur seperti Nitrogen menguap maka pupuk anorganik (prilll) tidak dapat digunakan.

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN PUPUK ANORGANIK (KIMIA). NO 2 PALING BERBAHAYA BAGI TANAH
Pupuk Prill

Namun dari sejuta manfaat dari penggunaan pupuk ini ada KEKURANGAN dibaliknya antara lain.
1.Bentuk unsur hara pupuk anorganik menyebabkan mikroba dalam tanah sulit mengurai, sehingga akan menjadi residu yang menyebabkan mikroba penghasil bahan organik dalam tanah mati sehingga mengurangi kesuburan tanah.
2. Unsur hara mikro dalam pupuk ini hampir tidak ada.
3. Penggunaan pupuk anorganik yang terus menerus akan menyebabkan tanah menjadi padat/ mengeras dan tidak responsif terhadap pupuk yang diberikan kembali sehingga dosis akan terus menambah sehingga merugikan petani.
4. Dapat menurunkan pH tanah
5. Menurunkan kandungan oksigen sehingga akan menghambat suplai oksigen ke akar berkurang dan menurunkan produktivitas.
6. Mematikan mikrobia tanah seperti cacing tanah yang berperan penyubur tanah
7. Jika tanamanan dan buah-buahan kekurangan pupuk ini akan mengakibatkan kepucatan dan buah yang dihasilkan tidak bagus lagi.

Baca Juga 1. Pentingnya Pupuk Organik,
                  2. Memperbanyak EM4 dengan Mudah,
                  3. Cara Membuat Pupuk Organik Cair dengan Mudah

Kesimpulannya pupuk ini baik dan memiliki peranan untuk penunjang kebutuhan tanaman dan memiliki nilai positif dan negatif dari sudut pandang berbeda. Semua kembali kepada kita untuk mengambil keputusan sesuai kebutuhan apa yang harus didahulukan. Demikian dalam pembahasan ini tentang Pupuk Kimia (Anorganik). Semoga Bermanfaat dandjika ada kata yang salah silakan komentar dibawah, Terima Kasih

    Subscribe to receive free email updates:

    2 Responses to "KELEBIHAN DAN KEKURANGAN PUPUK ANORGANIK (KIMIA). NO 2 PALING BERBAHAYA BAGI TANAH"

    1. jadi harus diimbangi dengan pupuk organik juga, misalnya bokashi kotaku

      ReplyDelete