CARA YANG SANGAT MUDAH MEMBUAT PUPUK ORGANIK CAIR (POC)

Pembuatan pupuk organik cair dengan media air beras menggunakan EM4.
Semua pasti tahu kan air beras kalau ibu kita atau istri lagi masak pasti ada air cuciannya yang warna putih pekat itu kalau orang jawa bilang air leri sampai-sampai ada dipribahasanya air susu dibalas air tuba(air beras).

Gambar 1. Bahannya
Mengapa harus air beras?
Menurut beberapa pakar air beras merupakan  sumber energi bagi Micro organisme dan mudah didapatkannya.
Tidak usah panjang lebar ini saya akan menjelaskan menurut pengalaman saya membuat pupuk cair bahan yang harus dipersiapkan antara lain.
Baca Juga 1. Waktu dan Cara Penggunaan POC pada Tanaman,
                  2. Manfaat Micin atau MSG untuk Tanaman
1. Air beras
2. Tetes tebu atau gula merah
3 EM4
Alat.
1. Jerigen untuk menampung pupuk cairnya
2. Corong
3. Panci kecil
Pertama yang harus dipersiapkan yaitu air tuba (air beras) yang kental karena akan semakin bagus hasilnya. Air beras dimasukan ke panci kumudian tambahkan tetes tebu kalau ada atau bisa diganti gula merah dengan perbandingan 1 : 10 yaitu 1 liter air beras 100 ml atau setengah gelas gula merah yang sudah dicairkan.

Apakah boleh bisa kalau gula merah?
Bahkan lebih bagus dari pada molase karena kandungan yang didalamnya lebih banyak. Air gula merah disini untuk mengikat bakteri sehingga akan hidup dan mengurai. Setelah semua dicampur hingga rata dengan diaduk masukan kedalam jerigen lalu tutup rapat. Jika kita ingin membuatnya lagi masukan lagi kedalam jerigen yang tadi sampek penuh.

Baca Juga 1. Pupuk Kimia ( Anorganik ),
                  2. Pentingnya Pupuk Organik,
                  3. Memperbanyak EM4 dengan Mudah

Apakah boleh pupuk cair baru jika dicampur dari pupuk cair sebelumnya kedalam jerigen? tidak masalah karena tidak menganggu proses fermentasi dan menurut pakar lebih bagus. Kemudian simpan hingga kurang lebih 2 mingguan sampek berbau seperti tape dan bisa kita gunakan POC tersebut. Jika dalam 2 minggu bau yang dihasilkan bau busuk berarti dalam proses pencampuran tidak sesuai sehingga timbul bau seperti itu.

Semoga Berguna☺
Silakan Komentar Dibawah Untuk Menyempurnakan
Terima Kasih.

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "CARA YANG SANGAT MUDAH MEMBUAT PUPUK ORGANIK CAIR (POC)"

  1. pupuk organik memang belum populer dikalangan etani gan,tapi manfaatnya sangat luar biasa dan yang jelas memperkecil pencemaran tanah akibat racun kimia yang terkandung di pestisida

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang merubah mainset petani susah gan, jika petani sabar dengan penggunaan pupuk organik ini maka hasil kedepannya sangat memuaskan gan

      Delete