CARA BUDIDAYA KACANG TANAH AGAR HASIL MELIMPAH

Mendapatkan hasil baik perlu suatu ilmu pengetahuan menghuni tentang pertanian dan manejemen proses (PEMBUKUAN) yang baik namun keberuntungan (BEJO) dalam hal ini jangan dianggap sebelah mata dalam bertani. Nah kali saya  akan menceritakan pengalaman saya sebagai petani kacang tanah. Dalam hal ini pemilihan bibit, pupuk, pestisida, dan tenaga kerja.

CARA BUDIDAYA KACANG TANAH AGAR HASIL MELIMPAH
Budidaya Kacang Tanah

Kacang tanah merupakan tanaman yang berbuah dibawah biasanya diaplikasikan sebagai tanaman tumpang sari. Bertani kacang tanah sangat
 menggiurkan untuk setiap satu 1 ha hasil kurang lebih 10juta. Hal yang harus diperhatikan pertama yaitu lahan yang akan digunakan. Saya bertani berpindah-pindah karena tanah bukan milik sendiri melainkan sewa. 

Pembukaan lahan baru salah satu faktor juga mendapatkan hasil yang baik, pengalaman saya bekas tanaman tembakaulah yang sangat menguntungkan. Namun secara teori pemilihan lahan yang baik yaitu tanah gembur karena baik untuk perkembangan akar atau bakal buah yang menjulur memanjang kedalam. Tingkat keasaman juga perlu diperhatikan dalam tanah yang idealnya antara 5-6 mendekati netral yaitu 7. Jika pH tanah tingkat keasaman atau basahnya tinggi perlu menbahkan dolomit atau kapur pertanian. 


CARA BUDIDAYA KACANG TANAH AGAR HASIL MELIMPAH
Penggunaan Kapur Pertanian


Unsur hara lain yang harus dipenuhi antara kalsium (Ca), nitrogen (N), kalium (K) dan pospat (P). Dalam hal curah hujan untuk tanaman ini yang baik yaitu sedang karena jika curah hujan tinggi otomatis lembab sehingga mempercepat pertumbuhan jamur akibatnya bunga sulit diserbuki dan penyakit pada buah. Penyinaran matahari dibutuhkan untuk fotosintesis untuk perkembangan daun dan pembesaran buah.  

Ketinggian atau topografi ideal tanaman ini beragam karena tanaman mudah beradaptasi pada lingkungan. Pengalaman saya idealnya 200-300 meter dari permukaan laut. Pada fase kawin (generatif) tanaman kacang membutuhkan kalsium karena mempengaruhi produktivitas tanaman dalam menghasilkan kacang. Dalam hal ini bisa menggunakan pupuk kalsium namun sangat mahal alternatifnya menggunakan dolomit saat pengolahan lahan.

PEMILIHAN BIBIT

CARA BUDIDAYA KACANG TANAH AGAR HASIL MELIMPAH
Dari sepengetahuan dan penglihatan saya bibit kacang tanah tidak disediakan di toko pertanian. Bibit yang saya gunakan hasil dari panen sebelumnya dengan disimpan dulu hingga waktu tertentu. Biasanya setelah panen kacang digiling dengan mesin untuk dijaual tetapi jika untuk keperluan bibit kacang dikupas menggunakan tenaga tangan EMAK-EMAK. Pengupasan bibit jika skala kecil dilakukan 1 hari sebelum penanaman. Jika menyimpan bibit dalam keadaan sudah terkelupas dan lama mengakibatkan kacang akan memerah dan tidak baik untuk bibit.

PENGOLAHAN TANAH
CARA BUDIDAYA KACANG TANAH AGAR HASIL MELIMPAH
Pengolahan tanah merupakan proses pra panen sehingga akan berdampak pada proses berikutnya. Untuk hasil optimal diperlukan pembajakan tanah untuk menggemburkan tanah sehingga tanah akan lebih subur lagi karena tanah yang dibawah sebelumnya di balik keatas. Pembajakan yang dilakukan 2 kali untuk penggemburan dan penanaman. Jika tidak mempunyai dana pembajakan bisa diganti dengan penyemprotan rumput pada lahan saja kemudian lakukan pencabutan gulma agar lahan bersih. Setelah itu lakukan penanaman kacang tanah (penanam menggunakan pembajakan tenaga hewan (Hewan) atau manusia). Penanaman yang baik dengan jarak satu jengkal tangan berkisar antara 15-25 cm. Jika kacang berdekatan akan mempengaruhi buah dibawahnya. Penyiraman pada saat setelah tanam sangat diperlukan untuk proses perkecambahan. Namun saya penyiramannya yaitu alami mengunakan hujan.



PEMUPUKAN

CARA BUDIDAYA KACANG TANAH AGAR HASIL MELIMPAH
Serangan Penyakit Kacang Tanah
Pemupukan yang baik untuk jangka panjang menggunakan pupuk organik bisa dari kotoran hewan yang benar-benar matang sebagai dasar seperti pupuk kandang sapi, ayam, dll. Bila perlu komposkan terlebih dahulu menggunakan EM4.  
Untuk pupuk kimia gunakan secara tepat dalam takaran dan penggunaannya. Untuk pemupukan yang baik dilakukan pada pagi hari dan cuaca cerah. Untuk pertumbuhan kacang supaya cepat pertumbuhannya dan berbobot gunakan obat perangsang pertumbuhan pada bunga saat kacang tanah memasuki umur ± 1 bulan dengan cara penyemprotan. 



















PERAWATAN
CARA BUDIDAYA KACANG TANAH AGAR HASIL MELIMPAH
Perawatan dalam hal ini yaitu pembersihan rumput dan pembubunan atau danger kalau bahasa Jawanya. Pembersihan rumput inilah yang memakan waktu bagi petani kacang. Pembersihan dilakukan setelah tanam yaitu menggunakan pestisida dan pembersihan pada waktu kacang sudah berbunga bertujuan untuk pertumbuhan tanaman supaya baik karena gangguan dari gulma itu sendiri dan. Dan danger dilakukan untuk memperlebat buah karena menutupi bagian-bagian bawah kacang selain itu berfungsi sebagi system drainase untuk tanaman kacang.






HAMA DAN PENYAKIT
CARA BUDIDAYA KACANG TANAH AGAR HASIL MELIMPAH
Serangan Hama Kacang Tanah

Hama adalah makhluk yang diciptakan untuk buat seseorang kesal, pegel dan pusing jadi satu, yang memiliki sifat merugikan baik dari segi kualitas, kuantitas, dan finansial. Apalagi kalau musim penghujan ini genjar-genjarnya hama menyerang untuk itu perlu perlakuan intensif untuk pencegahan hama. Biasanya hama yang sering dijumpai seperti Embug (lepiodiota stigma) bahasa Maduranya Gejes yang sangat suka memakan akar. Hewan mempunyai akal Monyet, Babi hutan, tikus pemakan bibit kacangnya, dan landak. Sedangkan penyakitnya sepeti bercak daun, kopong, dll. Untuk penanganannya penyemprotan fungisida berbahan aktif dan dilakukan tepat waktu, dosis dan sasaran.  Sedangkan Hama embug jika menyerang daun akan layu dan untuk mencegah ke tanaman lain supaya mencarinya di dalam tanah (dibawah tanaman yang layu tersebut).




PANEN
CARA BUDIDAYA KACANG TANAH AGAR HASIL MELIMPAH

Panen adalah dimana petani merasakan hasil jerih payah selama bertani merupakan waktu yang ditunggu-tunggu oleh petani. Untuk kacang waktu panennya 90 hari kalender setelah tanam. Tanda jika kacang tanah sudah siap daunnya menguning dan biasanya saya mengambil contoh dengan mencabut kacang tanah secara acak untuk memastikannya.













PASCA PANEN
CARA BUDIDAYA KACANG TANAH AGAR HASIL MELIMPAH
Pasca Panen
Untuk mendapatkan uang pastinya kacang dijual namun untuk bisa dijual ada dua pilihan  yaitu jual kering atau ose (bahasa petani) dan jual basah. Untuk penjemuran biasanya memakan waktu 3 hari jika panas matahari mendukung. 


Saran aja ya kalau musim hujan  begini lebihg baik dijual basahnya aja karena pengalaman saya pernah 2 kwintal kacang tanah tumbuh atau berjamur karena waktu penjemuran tidak terkena panas matahari akibat guyuran hujan selama 1 minggu. 

Pada waktu panen kemarin dari luas lahan 2.4 ha biaya yang dibutuhkansebesar Rp 24 juta seperti biaya operasional, perawatan dan panen. Hasil yang didapatkan sebesar Rp 43 juta. Biaya awal membengkak karena pembukaan lahan baru, pembelian alat pertanian yang rusak, dan lain sebagainya. Sekian ulasan singkat mengenai budidaya kacang tanah. Semoga Bermanfaat dan terima kasih telah mampir.

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "CARA BUDIDAYA KACANG TANAH AGAR HASIL MELIMPAH"