INILAH 7 APLIKASI YANG APLIKATIF UNTUK PERTANIAN

Di era sekarang teknologi terus berkembang begitu pesat. Mengapa begitu pesat? 
Karena jika teknologi tidak dikembangkan atau diperbaiki secara berkala maka lambat taun akan tersingkir oleh tetangganya yang terus memperbaiki contohnya "Teknologi Nokia yang dulunya bertengger diatas kini kalah dengan Samsung ". Contoh lainnya yaitu aplikasi Instagram yang termasuk aplikasi baru yang dapat bersaing bahkan mengalahkan pesaing terdahulunya.


 Teknologi di Bidang Pertanian
Salah Satu Contoh Teknologi di Bidang Pertanian

Sejatinya tujuan dari teknologi untuk mempermudah pekerjaan sesuai kebutuhan karena aplikasi yang baik yaitu aplikasi yang aplikatif apalagi di bidang pertanian. Mengapa perlu aplikasi untuk pertanian?. Survey menunjukan petani pengguna android sebesar 85% di Jawa Timur. Tidak menutup kemungkinan dengan adanya aplikasi pertanian di Bumi Pertiwi akan lebih baik.
Didalam pertanian aplikasi untuk mempermudah pekerjaan petani sebenarnya sudah banyak yang dikeluarkan oleh instansi pemerintah pertanian atau dari perusahaan lain antara lain.

1. SI MANTAP (Sistem Informasi Pemantauan Tanaman Pertanian) aplikasi yang baru ini diluncurkan berbasis penginderaan jarak jauh menyajikan informasi dinamik secara spasial (ruang), tabular dan grafik
SI MANTAP ini menggunakan model standing crop sehingga dapat diketahui fase pertumbuhan untuk perlakuan seperti pemupukan, pestisida, pengelolaan air bahkan kekeringan karena lahan pertanian Indonesia kian sempit untuk itu keberhasilan usaha tani mutlak untuk memenuhi ketahanan pangan sehingga dengan ini pemerintah dapat mengetahui surplus pada daerah tertentu.untuk mengantisipasi daerah yang kekosongan produksinya untuk segera dialihkan.
Dalam hal ini jika terdapat suatu informasi mengenai spasial hujan maka sistem yang ada dalam SI MANTAP bertambah baik. Karena kita dapat mengetahui awal musim hujan dan kemarau.
Antisipasi dini diperlukan untuk meminimalisir kerugian yang lebih besar.

2. Aplikasi Prakiraan pasut (Pasang Surut)
Suatu aplikasi dimana kita dapat memperkirakan Pasut karena sebelumnya untuk memperkirakan yaitu melihat bulan untuk mengetahui pasang surut.

3. KATAM (Kalender Tanam Terpadu)
Suatu aplikasi dimana kita dapat memperkirakan variates apa yang cocok untuk daerah kita, mengetahui di daerah kita tanaman apa yang banyak ditanam, alat dan mesin pertanian apa yang cocok untuk lahan kita, hingga pupuk yang efektif untuk tanaman kita. 

4. Tabloid Sinar Tani
Aplikasi ini merupakan aplikasi dimana berita tentang pertanian terbaru ada disini.

5. PETANI
Aplikasi dimana harga-harga pertanian terupdate ada disini , dan aplikasi ni menyediakan forum tanya jawab yang sangat berguna untuk saling tukar pendapat, disini juga tersedia lapak jual beli antar petani dan banyak lagi fitur yang diberikan sehingga aplikasi ini sangat multifungsi.

6. SIRAWA
SIRAWA merupakan suatu aplikasi tentang informasi pertanian lahan rawa yang didalamnya menjelaskan luas lahan rawa, target tanam, suhu udara,. penyinaran matahari, produksi, dll.

7. SISULTAN
Suatu aplikasi informasi berbentuk peta. Didalam aplikasi ni terdapat peta eksplorasi  e yang menyajikan informasi  global tingkat nasional, Peta Tinjau( skala besar)untuk keperluan perencanaan tingkat provinsi, Peta Skala Kecil keperluan tingkat kabupaten, dan Peta Kesesuaian Lahan yang berisi kesesuaian komoditas tertentu disuatu wilayah yang dinilai.
diataserapa aplikasi saja masih banyak aplikasi yang sangat berguna. Karena siera sekarang Informasi sangat diperlukan guna persaingan yang begitu ketat dan alot.
Semoga Berguna 😊

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "INILAH 7 APLIKASI YANG APLIKATIF UNTUK PERTANIAN"

Post a Comment