TIPS MEMILIH OBAT SESUAI KEBUTUHAN TANAMAN


Pemahaman dini terhadap obat pestisida perlu dilakukan karena dapat menimbulkan kerugian baik secara finansial, waktu, dll. Pertama yang perlu kita lakukan yaitu pahami dulu sebenarnya apa sih kegunaan obat itu apa hanya untuk bobot atau sekedar warna saja.

Ini pengalaman saya sebagai petani salah memilih obat karena waktu itu saya tidak mengetahui obat itu sebenarnya cocok apa tidak untuk tanaman saya.  Karena saya memilih obat itu mengikuti petani lain atau bahasa gaulnya (jarene, katanya) dan waktu itu masih tak terlihat dampaknya. Ketika terlihat dampaknya ternyata obat yang saya gunakan SALAH!! akibatnya panen rugi waktu dan tenaga plus pikiran hehehe. Oleh karena itu saya akan memaparkan kegunaan obat yang cocok untuk tanaman sehingga dapat meningkatkan hasil panen.
Saya akan menjelaskan contoh 2 contoh obat yang saya gunakan yaitu Score, Beet UP.

SCORE
Hama dan Penyakit Tanaman Cabai
Hama dan Penyakit Tanaman Cabai


Obat ini merupakan obat untuk mengendalikan jamur pada tanaman seperti busuk batang, busuk akar, bercak daun dan sebagainya. Obat ini sangat cocok untuk tanaman sayuran dan buah-buahan dan sangat bagus untuk merangsang pertumbuhan karena mengandung ZPT dan obat ini cepat melekat pada tanaman dan tidak mudah luntur walau kena air namun jika tanaman seperti bawang harus menggunakan perekat dan jika tidak tahu pengaplikasiannya obat ini bekerja tidak efektif karena obat ini harus dicampur menggunakan pestisida berbahan aktif profenos.

Hama dan Penyakit Tanaman Cabai
Score Obat Cabai
KASUS saya obat ini saya gunakan untuk tanaman kacang tanah karena menurut pakar pertanian obat ini tidak ada hubungannya jika diaplikasikan ditanaman kacang tanah karena obat ini untuk pewarnaanya saja dan mengendalikan jamur sedangkan kacang tanah hanya sebagian kecil hampir tidak ada kalau terkena jamur seperti Penyakit bercak daun Cercospora sp. Menurut pengalaman saya. Kacang tanah jika menggunakan obat ini warnanya ya teteap COKLAT kata si pakar jika berbuah diatas obat ini sangat efektif untuk pewarnaan, pengendalian jamur dan yang dicari pada petani kacang tanah yaitu BOBOT.



tips memilih obat sesuai kebutuhan tanaman
Kacang Tanah
BEET UP

Obat ini adalah rekomendasi si pakar d tersebut Karena saya baru mendengar tentang obat ini dan obat ini kalau dicari di Internet bakalan nihil atau tidak ada dan saya juga lupa untuk foto produk ini. Awalnya saya meragukan karena mirip dengan obat suplemen untuk fitnes namun TERNYATA obat ini sangat efektif dari segi pertumbuhan si Kacang tanah. Dan dari segi hasil obat ini juga meningkatkan hasil panen. Bunga yang dihasilkan dari obat ini juga bagus yang juga mempengaruhi bobot nanti saat panen. 
Apa butuh perekat untuk obat ini ? ya sama apalagi dimusim penghujan seperti perekat sangat dibutuhkan.
Itu ulasan singkat mengenai 2 obat yang sama-sama baiknya dan memiliki kekurangan masing-masing. Jika ada kekurangan ada salah kata atau tulisan, silakan komentar dibawah, Semoga Berguna

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "TIPS MEMILIH OBAT SESUAI KEBUTUHAN TANAMAN"