Tanaman Obat Herbal dan Tradisional Berkhasiat: Manfaat Daun, Buah, serta Akar CIPLUKAN


Memang hidup ini penuh dengan tanda tanya seperti halnya tanaman ciplukan ini. Memang dari segi keberadaannya tanaman satu ini dikucilkan. Pasalnya dianggap sebagai tanaman liar bahkan dianggap sebagai gulma. Dari segi rasa memang tidak ada yang istimewa kecut-kecut manis dengan warna hijau-kekuningan dengan dibungkus kulit tipis khas buah ini.
Tapi siapa sangka manfaat dari tanaman yang satu ini sangat istimewa mirisnya masih banyak yang mengetahui. Jangankan mengetahui manfaatnya mendengar nama buahnya saja sudah asing bagi sebagian orang. Jika kita lihat dari segi senyawa memang tanaman ini tidak bisa diremehkan. Dari akar hingga pucuk daun mempunyai senyawa aktif yang sangat mempunyai bermanfaat. Berikut senyawa yang terkandung.

Daun = Flavonoid,
Tunas = Sepertisaponin, Flasvonoid,
Buah = Polifenol, Fisalin, Withangulatin, A, Kriptoxantin, Tanin, Vitamin C dan gula,
Biji = Asam palmitat dan stearat,
Akar = Alkaloid,
Batang dan Daun = Chlorogenik acid.
Sedangkan zat lainnya yaitu karbohidrat, lipid, mineral, protein, minyak lemak, alkaloid, glikosida, H2O, dan banyak lagi.
Memang jika dilihat dari senyawa yang terkandung dalam buah ciplukan ini, maka bisa kita lihat manfaatnya sebagi berikut.

Menyembuhkan Penyakit Jantung
Penyakit yang satu ini memang dikategorikan penyakit berbahaya. Dari tahun ke tahun penyakit ini menyumbang prosentase kematian yang cukup signifikan. Dengan adanya buah ciplukan ini dipercaya memiliki khasiat untuk mengobatinya. Caranya sangat sederhana, ambil daun berkisar 30-40 helai kemdian cuci dan hancurkan menggunakan blender seperti membuat jus. Bisa juga daunnya kita rebus dengan air hingga volumenya berkurang setengahnya.

Mencegah Penyakit Limpa dan Hati.
Caranya dengan memanfaatkan daunnya pada tanaman ini. Biasanya menggunakan cara tradisional dengan cara direbus.

Mengobati peradangan Pada Kulit Serta Rematik.
Mandi dengan air rebusan tanaman ciplukan baik untuk untuk meredakan.

Obat Penyembuhan Patah tulang, Keseleo, dan Sakit Persendian
Caranya cukup mudah, campur daun dengan kapur sirih kemudian tempelkan pada persendian yang sakit.

Bisul, Borok dan Kurap
Penyakit tersebut memang mengganggu. Selain membuat nggak nyaman juga merusak penampilan jika terjadi pada bagian tubuh yang terbuka. Untuk mengobatinya cukup hancurkan daun dari buah ciplukan dan oleskan pada bagian kulit yang terkena kurap.

Kencing Nanah dan Kencing Kotor
Buah ini juga bisa dimanfaatkan sebagai obat kencing nanah dengan menkomsusi daunnya. Dan mengobati kencing kotor dengan minum air rebusan dari akar sampai pucuk buah ciplukan.

Obat Cacing dan Penurun Demam.
Dengan memanfaatkan akar pada tanaman ini secara rutin tiap hari dipercari mengobati penyakit tersebut.
Menyembuhkan Tremor.
Rutin mengkonsumsi ciplukan dengan cara dibuat jus secara rutin maka Tremor akan mereda.
Dipercaya mengobati Flu.
Kandungan vitamin C inilah yang dapat meredakan flu dan batuk dan memperkuat daya tahan tubuh.
Menambah Darah atau Anemia
caranya dengan memasak batang dari buah ciplukan, kemudian minum air rebusannya.
Mengobati Hepatitis
Ada juga yang menggunakannya dalam pengobatan tradisional untuk mengatasi hepatitis.
Memperlancar Pencernaan
Secara rutin menkonsumsi buah ini dipercaya memperlancar pencernaan dalam tubuh sehingga jauh dari penyakit sembelit.

Obat Penenang
Di lembah Amazon, masyarakat menggunakan jus ciplukan sebagai obat tersebut.
Obat Malaria
Daun pada ciplukan juga berkhasiat mengobati malaria dengan cara meminumnya atau dibuat jus.
Mengobati Penyakit Diabetes Mellitus,
Memanfaatkan akar pada tanaman dipercaya mengobati penyakit diabetes. Atau dikombinasikan dengan batang dan akar dari buah Ciplukan, kemudian rebus dan minum tiga kali sehari.

Mengobati Penyakit Epilepsi.
Buah dimakan langsung, dipercaya mengobati penyakit epilepsi.
Menurunkan Darah Tinggi.
Memanfaatkan buah ciplukan juga mampu menurunkan tekanan darah tinggi. Caranya cukukp mudah dengan meminum air rebusan daun, buah dan akar selama tiga minggu berturut-turut.

Mencerdaskan Anak Bangsa.
Caranya buah ciplukan dibuat minuman dengan dicampur jeruk nipis dan gula. Cara ini berkhasiat meningkatkan kecerdasan.

Menurunkan Kadar Kolesterol
Caranya makan daun dari buah ciplukan dua helai tiga kali sehari. Bisa anda buat urap-urap atau kulupan dirumah. Atau bisa dengan memakan ciplukan secara rutin maka gejala akan mereda.

Mengobati Sakit Paru- paru.
Caranya dengan memanfaatkan buah ciplukan dapat mengobati penyakit paru-paru pada tubuh kita. Buahnya bisa kita konsumsi langsung secara rutin.

Mencegah dan Mengobati Kanker
Caranya dengan memanfaatkan daun ciplukan mampu melawan sel kanker pada tubuh kita.
Mengobati Tumor
Penyakit ini dikategorikan penyakit berbahaya, namun dengan adanya buah ini dipercaya dapat memperkecil tumor dan menghilangkannya. Caranya dengan menkonsumsi Daun dan tunas bisa dibuat minuman atau jus.

Obat Kanker Payudara
Berdasarkan penelitian yang pernah dilakukan, dengan mengeringkan ciplukan dan mengekstraksinya dengan etanol 70 %. Hasilnya, ekstrak ciplukan tersebut memberikan dampak positif dan mampu menginduksi apoptosis (kematian) pada sel kanker payudara. Caranya, pucuk yang muda dicampur dgn empat biji beras dan tunas kunyit. Kemudian digiling dengan parutan sampai lumat. Kemudian tempelkan langsung pada payudara.

Obat untuk Sesak Nafas atau Asma
Caranya hampir mirip dengan bunga kenanga yaitu dengan perebusan daun dan batang dari buah ciplukan. Rebus hingga berkurang setengahnya dan minum air rebusan tersebut. Bisa juga memanfaatkan dauunya yang dicampur dengan kapur sirih, lalu oleskan pada bagian dada, perut, dan punggung.



Perlu digaris besar, walaupun buah ini memiliki khasiat dan mujarab untuk mengobati banyak penyakit. Kebanyakan orang setelah baikan atau sembuh akan kembali ke pola hidup tak sehat sehingga penyakit ini akan kembali dan akan menyalakan obatnya bukan pola hidupnya. Untuk menghindari itu jagalah pola hidup sehat seperti pola makan, olahraga, kebersihan bila perlu berhentilah merokok. Menurut ilmu medis saat menggunakan obat jangan dibarengi dengan meminum teh atau kopi. Hal tersebut membuat obat jadi netral (tidak berkhasiat) pada tubuh hingga menyebabkan keracunan.Sekian tips sehat ala obat herbal semoga kita senantiasa dijauhkan dari segala-galanya penyakit, Amiinn.

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Tanaman Obat Herbal dan Tradisional Berkhasiat: Manfaat Daun, Buah, serta Akar CIPLUKAN"