CARA MENYIMPAN BAWANG DAN CABAI AGAR TAHAN LAMA

Memasuki bulan ramadhan hingga lebaran (hari besar) biasanya komoditi pertanian khususnya komoditi pangan akan mengalami kenaikan harga. Jika kita tidak pintar-pintar menyikapi kondisi tersebut. Tidak tutup kemungkinan membengkaknya pengeluaran akibat naiknya harga. Maka dari itu perlu suatu penyimpanan yang baik untuk menjaga kualitas dan kuantitas produk. Seperti halnya produk pertanian satu ini yaitu bawang merah dan cabai. Produk tersebut biasanya di stok ibu-ibu di dapur untuk kebutuhan memasak. Sayangnya  mereka mengeluhkan karena bumbu dapur yang mereka simpan tersebut mudah sekali membusuk, bahkan rusak tidak bisa dipakai lagi. 
Cara penyimpanan cabai dan bawang agar tahan lama
Mariagsoemitro

Jika kita memaksakan bahan tersebut untuk bahan dapur maka yang ditakutkan akan mempengaruhi rasa dan parahnya lagi mempengaruhi kesehatan. Sebenarnya masalah tersebut bisa kita cegah atau hindari dengan cara menyimpannya secara baik. Penyimpanan yang baik bukan hanya menjaga kualitas bawang dan cabai, bisa juga membuat bahan tersebut lebih awet muda. Hehe berikut ini cara yang cukup sederhana yang bisa kita lakukan untuk menjaga bawang dan cabai.

PENYIMPANAN BAWANG
Saat membeli bawang dipasaran lakukan penyimpanan bawang di tempat yang kering dan terbuka. Bawang utuh diletakkan di wadah yang terbuka, kemudian disimpan pada suhu ruang di tempat yang kering tidak lembab. 

Taruh di wadah yang baik dan terbuka tidak dalam dan keranjangnya usahakan lebar. Jangan menumpuk bawang sangat banyak karena mempengaruhi sirkulasi udara. Sehingga dengan cara diatas bawang akan lebih awet hingga satu bulanan.

Hindari bawang berdekatan langsung dengan sayuran yang mengeluarkan uap. Karena uap akan membuat produk lebih cepat membusuk. Contoh sayuran seperti kentang, tomat, dan lainnya. Sesekali lakukan oenjemuran di bawah sinar matahari agar tetap kering (tidak lembab) dan terhindar dari jamur penyebab kebusukan.

Perlu diperhatikan lagi biasanya ibu-ibu menyimpan bawang ini kedalam lemari es atau pendinginan. Jika masih melakukannya sebaiknya mulai sekarang hindari hal tersebut. Karena bawang akan mudah membusuk dan bertunas. Tetapi jika bawang sudah Namun, apabila bawang sudah dikupas, dihaluskan menjadi bumbu atau diiris kecil-kecil, penyimpanan bisa dilakukan di dalam lemari es atau pendingin di bagian freezer nya. Karena bawang khusunya merah daya tahannya bisa mencapai 3 bulan. Jika disimpan di dalam rak lemari es biasa, bawang bisa bertahan hingga 1 bulan.

Cara diatas bisa kita aplikasikan ke semua jenis bawang. Seperti bawang Bombay, merah dan putih. Dari ketiga jenis terbesit bawang putih yang mempengaruhi daya tahan lebih tinggi dan kuat sehingga tahan lama atau awet.


PENYIMPANAN CABAI
Sedangkan untuk menyimpan cabai bisa kita lakukan dengan memperhatikan cara berikut ini. Jika kita membeli cabai segar dari pasar, kelontong atau supermarket yang dibungkus plastik. Segera keluarkan cabe dari plastik untuk menghindari lembab selama di bungkus plastik. Lalu angin- anginkan untuk memastikannya saja.

Saat dilakukan penyimpanan, pencucian cabai tidak perlu dilakukan. Lakukan pencucian saat mau digunakan untuk menjaga fresh atau kesegaran cabai dan tetap kering (tidak lembab). Maka cabai tersebut bisa tahan hingga tiga mingguan.

Lakukan pencabutan pada tangkai cabai lalu dibungkus dengan paper towel (bila ada ). Kemudian masukan kedalam wadah yang kedap udara agar terjaga kelembapannya. Selanjutnya, bisa kita masukan kedalam lemari es atau kulkas.

Pada jenis cabai kering penyimpanan hanya perlu memasukan kedalam wadah yang rapat dan kedap udara. Lalu bisa dimasukkan kedalam lemari pendingin atau kulkas. Penyimpanan tersebut bisa membuat cabai kering tahan hingga empat bulanan.

Cara lainnya yaitu dengan mencampurkan beberapa siung bawang putih yang sudah dikupas bersih. Sehingga dengan cara ini dapat menghindari kontaminasi bakteri agar rasa pedas tetap terjaga dan tidak mudah busuk.


Cara diatas bisa kita lakukan dengan benar maka kualitas dan kuantitas produk akan lebih baik. Langkah awal sebelum penyimpanan, bisa kita lakukan seperti pemilihan cabai dan bawang berkualitas. Cirinya terlihat segar, tidak keriput, kuat (tidak lembek), tidak bertunas dan tentunya jangan pilih yang lembab pada kulitnya. Maka dengan kualitas bawang dan cabai yang baik. Dengan demikian kita sudah membuat langkah awal yaitu umurnya lebih panjang dan dapat disimpan dalam waktu panjang.



Sekian dari saya jangan segan-segan atau sungkan untuk kembali ke chanel ini. Selamat mencoba dan salam sukses bagi kita semua. Bila ada kesalahan, komentar dibawah untuk menyempurnakannya. Thank you very much.
Sumber Lisa layanan unit desa


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "CARA MENYIMPAN BAWANG DAN CABAI AGAR TAHAN LAMA"

Post a Comment