Raja Pisang: 18 Manfaat Pisang Merah untuk Kesehatan yang Belum Diketahui



Pisang merah adalah rajanya segala pisang karena memiliki ukuran yang besar (gemuk), mantap (antep) dan berat (pemuda lapar) sehingga pantas jadi rajanya pisang (nyimpulkan sendiri). Memang pisang ini berbeda dengan yang lainnya karena kebanyakan dari jenis pisang memiliki ciri khas kuning bila matang dan hijau bila masih muda. Demikian dipasaran pisang ini masih langkah untuk kita jumpai, maklum kaum minoritas. Namun siapa sangka pisang merah memiliki manfaat yang besar (big) bagi kesehatan. Jelas dengan sebutannya saja yang unik dan menarik yaitu pisang merah. Menurut mitos atau fakta merah di simbol kan dengan keberanian sehingga tak dengan keberaniannya dapat menangkal berbagai penyakit dalam tubuh hingga buat tak kembali lagi (lebay). Pisang merah menurut penelitian kaya akan kandungan serat  rendah kalori. Bukan hanya itu pisang ini juga memiliki kandungan vitamin A, vitamin B6, vitamin C,  folat, kalium, magnesium, mangan, potasium, riboflavin dan sebagai sumber energi. Maka Tidak usah panjang lebar ya bro. Simak bmanfaat dari si raja pisang berikut ini secara sederhana namun padat, cekidot.
18 manfaat pisang merah untuk kesehatan dan kecantikan
Raja Pisang
Stroke Jadi Minggat
Potassium dari buah pisang dapat memperlancar aliran oksigen ke ke otak. Aliran yang lancar merupakan tolak ukur sehat dalam semua hal bukan hanya kesehatan. Sehingga dipercaya dapat mencegah ataupun mengobati penyakit stroke dalam tubuh. Bukan hanya itu, si merah ini juga dapat mencerdaskan otak.

Obat Penyakit Hati (Liver)
Buah pisang ini dipercaya dapat mencegah dan menjaga agar hati tidak rusak. Rusaknya hati disebabkan oleh virus, alkohol bahkan obesitas. Jika hati rusak maka tubuh akan mengalami berbagai penyakit. Untuk mencegah hal tersebut yaitu menkonsumsi makanan dengan gizi seimbang yaitu buah pisang merah ini.

Menangkal Radikal Bebas
Buah ini juga memproduksi kolagen dari kandungan Vitamin C dalam si merah ini. Kolagen sendiri merupakan jaringan penting atau penyusun tubuh. Sehingga sifat antioksidan dapat menangkal radikal bebas dalam tubuh dan menjauhi dari berbagai serangan penyakit.

Awet Muda
Seperti disebutkan diatas bahwa pisang merah memiliki sifat antioksidan. Antioksidan sendiri dapat menjaga kulit agar tetap kencang akibat polusi, zat kimia ataupun matahari yang merupakan sumber radikal bebas. Bukan hanya itu antioksidan memperbaiki fungsi kulit dalam tubuh.

Baik Untuk Kesehatan Ibu Hamil dan Bayi
Saat masa awal kehamilan, biasanya mengalami mual, muntah hingga diare yang mengakibatkan lemas dan pusing. Seperti yang disebutkan diatas bahwa pisang ini sumbernya serat dan kaium. Maka dengan menkonsumsi setidaknya 2 kali sehari dipercaya akan mengobati penyakit tersebut. Menurut dokter dianjurkan  menkonsumsi pisang merah secara rutin untuk kesehatan ibu hamil karena pisang ini kaya akan asam folatnya. Bukan hanya berfungsi sebagai kesehatan ibunya tapi juga menjaga kesehatan janinnya. Perannya yaitu mencegah bayi lahir prematur, menjaga kerusakan otak, sum-sum tulan belakang ataupun cacat lainnya. Bahkan di negara lain mengonsumsi buah ini untuk menyakinkan si bayir lahir dengan suhu normal.
18 manfaat pisang merah untuk kesehatan dan kecantikan
Manfaat Pisang Merah untuk Kesehatan dan Kecantikan

Mata Jadi Bening
Seperti yang diucapkan iklan-iklan di media massa bahwa kesehatan mata itu penting. Apalagi di era sekarang kita tidak bisa terlepas dengan gadget. Gadget tersebut memaparkan sinar yang berbahaya untuk kesehatan mata. Untuk itu dengan menkonsumsi pisang merah dapat mencegah kerabunan atau minus pada kesehatan retina atau mata. Vitamin A lah yang terkandung dalam buah ini yang berfungsi sebagai nutrisi pada kita sehingga mata menjadi sehat dan memprtajam penglihatan kita hingga seperti pedang.

Menyehatkan Tulang dan Gigi
Kandungan dari buah pisang ini salah satunya kalsium yang berfungsi dalam memperkuat pembentukan tulang dan kesehatan gigi. Dengan demikian tulang dan gigi jadi padat dan tulang tetap sehat walaupun bertambahnya umur. Dengan menkonsumsi pisang merah setiap hari maka dosis kalsium kita akan terpenuhi.

Baik untuk Program Diet
Seorang yang diet akan memilih-memilih makanan bila mana menkonsumsi makanan. Biasanya mereka memilih makanan dengan tinggi serat sehingga proses diet yang dijalani akan tercapai. Serat yang dicapai dalam ketentuan diet berkisar 25 gram untuk wanita dan 38 gram/hari untuk pria. Pisang merah ini salah satu buah yang memiliki serat tinggi yang baik untuk program diet anda dan terbukti aman.

Menurunkan Kadar Kolesterol
Studi juga menunjukkan bahwa makanan berserat tinggi bermanfaat untuk kesehatan organ dalam. Serat tinggi yang terkandung dalam pisang ini dipercaya dapat menurunkan kolesterol sehingga mencegah penyakit jantungi, mengurangi tekanan darah dan sebagainya.

Membantu Menjaga Kesehatan Usus.
Lagi-lagi Serat yang terkandung dalam makanan ini dapat meningkatkan menurunkan risiko terjadinya wasir dan penyakit di usus besar. Mengapa demikian? Karena berat dan ukuran feses dilembutkan. Bukan hanya itu serat akan menyerap air pada feses sehingga terhindar dari wasir dan penyakit usus lainnya.

Mencegah Batu Ginjal
Batu ginjal merupakan Penyakit yang tidak boleh diremehkan. Keadaan terparah penyakit ini penderita diharuskan melakukan operasi. Terjadinya penyakit ini dikarenakan material keras (besar) dan mengendap yang menyerupai batu terbentuk di dalam ginjal. Jika masih berukuran kecil maka masih bisa keluar lewat saluran kencing. Namun, bila mana dapat menyebabkan pengkristalan urine akan menjadi batu ginjal. Penyakit ini bisa disebabkan beberapa faktor seperti asam urat tinggi, tumpukan kalsium, dll. Berita baik penyakit tersebut dapat kita cegah dengan menkonsumsi pisang merah setiap hari untuk mencairkan dan memperlancar urine sehingga terhindar dari namanya penyakit batu ginjal.

Obat Sesak Nafas
Pisang merah ini dipercaya dapat meringankan bahkan mengobati sesak napas. Sejatinya pisang tidak berkhasiat  meringankan sesak napas tetapi berbeda dengan pisang merah ini. Dengan menkonsumsi setiap hari dipercaya meringankan sesak napas pada tubuh.
   
Sumber Energi
Seperti yang disebutkan diatas bahwa pisang ini sebagai salah satu buah yang dijadikan opsi untuk diet. Dikarenakan bukan hanya memiliki serat tinggi tetapi memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi sehingga memberikan tenaga atau energi bagi tubuh. Jika kadar karbohidrat anda terpenuhi maka akan membuat tubuh menjadi semangat dan terhindar dari lemas. Bila mana anda tidak mempunyai waktu makan pagi, buah ini salah satu opsi untuk menggantinya. Karbohidrat yang dihasilkan instan tapi awet akibat kandungan serat tinggi didalam buah ini.

Mencegah Kekurangan Sel Darah Merah
Kekurangan sel darah merah atau anemia menyebabkan penderita pusing, mudah lelah dan lemah. Keadaan dimana tidak memadainya sel darah merah untuk mengangkut oksigen ke seluruh tubuh. Kandungan vitamin B6 dalam pisang merah dapat mengatasi masalah tersebut. Vitamin B6 tersebut dapat memproduksi hemoglobin. Dengan menkonsumsi rutin setiap harinya maka darah akan diperlancar dengan bantuan hemoglobin tersebut.
18 manfaat pisang merah untuk kesehatan dan kecantikan
Manfaat Pisang Merah untuk Kesehatan dan Kecantikan

Mencegah terjadinya Darah tinggi (Hipertensi)
Darah tinggi disebabkan beberapa faktor salah satunya yaitu asupan garam yang berlebihan. Pisang ini mempunyai kandungan yang ampuh untuk mengatasi keadaan tersebut. Kalium (mineral) dan elektrolit yang berperan untuk membuat tubuh tetap seimbang dan menurunkan tekanan darah tinggi.

Mabuk dan Rokok
Menurut sebuah portal berita buah pisang juga dapat menyembuhkan orang mabuk. Pisang tersebut dicampur dengan madu dan gula atau milkshake. Sehingga dari masing-masing mempunyai peran sendiri. Seperti pisang nya untuk meredakan sakit perut, susu menenangkan dan memperbaiki kadar cairan sedangkan gula sebagai pemanisnya. Bukan hanya itu, buah ini juga disarankan untuk orang yang punya tekad  berhenti merokok. Karena kandungan dari vitamin C, tinggi kalium dan magnesiumnya buah ini dipercaya dapat menghilangkan nikotin pada rokok. Sehingga tidak tutup kemungkinan keinginan untuk merokok akan hilang.

Meringankan Depresi
Depresi merupakan suatu kondisi yang disebabkan oleh beberapa faktor. Biasanya mood penderita akan hilang sehingga akan menurunkan kualitas hidup. Hal tersebut bisa kita perbaiki dengan menkonsumsi pisang. Menurut survei dengan menkonsumsi pisang dapat memperbaiki depresi sehingga akan ceria  atau fresh lagi. Karena pisang tryptophan, sejenis protein jika dalam tubuh berubah menjadi serotonin. Sehingga mood akan baik lagi dan depresi akan menghilang sedikit demi sedikit.

Obat Mag
Jika seseorang mempunyai riwayat sakit maag atau sedang menderitanya. Pisang ini dianjurkan untuk mentralisir zat asam dalam lambung.  Sebab pisang ini antacid yang berguna untuk menurunkan kadar asam lambung. Lebihnya lagi tekstur dalam buah ini juga dapat menjaga bagian dalam lambung. Sehingga lambung tidak mengalami iritasi

Konsumsi buah-buahan memang sangat diperlukan untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Salah satu buah pisang merah ini yang memberikan manfaat besar untuk tubuh. Untuk itu, biasakan menkonsumsinya buah ini setiap harinya. Diimbangi dengan pola hidup sehat dengan rajin olahraga dan hindari makan dan minuman tidak higenis (sehat).


Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Raja Pisang: 18 Manfaat Pisang Merah untuk Kesehatan yang Belum Diketahui"

  1. Saya baru denger min ada pisang merah..manfaatnya juga bagus banget tuch..kira" pisang merah ini terdapat di daerah mana ya min..??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau di daerah saya masih banyak gan di Jawa Timur. Tepatnya Banyuwangi

      Delete