BUAH BLEWAH: BERBUKA DENGAN YANG MANIS-MANIS TAPI BERMANFAAT

Berbuka dengan yang manis, kata-kata tersebut sering kita dengar akhir-akhir ini. Entah dari televisi, YouTube, artikel, ataupun status jones. Jika kita mengingat kata-kata tersebut pas di bulan ramadhan. Pasti yang terpikir dibenak kita yaitu takjil. Apalagi jika takjilnya dari buah blewah, hemmz. Buah blewah (cucumis melo var cantalupensis) adalah buah yang selalu eksis di kalau bulan Ramadhan tiba. 
Buah blewah menu buka puasa saat Ramadhan tiba
Buah Blewah

Buah ini banyak mengandung nutrisi penting yang baik untuk kesehatan. Seperti mineral, kalium, serat makanan, antioksidan, zat beta karoten, potasium, magnesium, provitamin A, vitamin B, vitamin C, sumber folat, fosfor, mangan dan sebagainya. Buah ini memiliki ciri bentuk bulat lonjong, kulit berwarna jingga terang dengan bercak kehijauan. Daging buah berwarna oranye yang relatif lembut dan bertekstur. Di bagian dalamnya terdapat rongga yang berisi biji dan serat hampir mirip dengan buah labu. 
Buah blewah dan manfaat untuk kesehatan
Buah Blewah Buah Labu

Di saat Ramadhan tiba buah ini sangat melimpah karena semacam tradisi di Indonesia. Karena di bulan Ramadhan orang menginginkan minuman segar dan sehat untuk melepas dahaga yaitu blewah ini. Blewah ini menurut sumber yang aku kumpulkan mengalami penurunan yang signifikan dalam segi peminat jika selain bulan Ramadhan. Maka dari itu, jika selain bulan Ramadhan untuk mencari buah ini sangat sulit ditemukan. Nah, di ulasan dibawah ini saya akan yang baik dan manfaat untuk kesehatan, diantara sebagai berikut.

Meningkatkan Anti Bodi 
Seperti yang kita ketahui buah ini memiliki kandungan vitamin C yang bukan hanya sebagai antioksidan. Tetapi Vitamin C salah satu pilihan yang ampuh dalam membentuk antibodi yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh. Maka dari itu, seseorang yang rutin memenuhi kebutuhan vitamin C tubuhnya tidak akan mudah terserang penyakit.
Manfaat buah blewah untuk kesehatan dan kecantikan
Buka dengan yang Manis-manis

Menjaga Nafsu makan dan Maag
Saat bulan puasa biasanya kita memakan makanan dengan tergesa-gesa. Sehingga menyebabkan lambung bekerja dengan keras dan bisa membuat terluka. Namun dengan mengonsumsi buah blewah makanan akan dicerna secara perlahan dan tidak tergesa-gesa, sehingga lambung tidak mudah terluka. Bukan hanya itu buah ini juga membantu mengatasi kehilangan nafsu makan dan penyakit maag. Karena itulah buah blewah disarankan sebagai hidangan saat berbuka puasa

Menjaga Pencernaan
Setelah dijelaskan diatas mengenai manfaat blewah untuk lambung kita. Blewah juga memiliki enzim yang dikandung di dalamnya. Berfungsi sebagai penyerapan yang baik yang dapat memicu IBS. Terlebih lagi blewah bermanfaat membuang racun, membantu usus untuk mencerna dan mendetoksifikasi tubuh. Sehingga akan terhindar dari gangguan pencernaan.


Menyehatkan Ginjal
Menurut penelitian yang dilakukan buah blewah dapat mengurangi batu ginjal dan infeksi saluran kemih.

Mata dan Kulit jadi Sehat
Buah blewah juga baik untuk kesehatan mata dan kulit kita. Seperti kita ketahui vitamin A yang ada dalam buah ini dapat menjaga kesehatan mata kita. 

Antioksidan
Kandungan beta-karoten dalam buah ini sebagai antioksidan,  yang mengurangi efek radikal bebas. Radikal bebas biasanya diakibatkan oleh udara yang tercermin yang sangat buruk bagi kesehatan. Terlebih lagi dapat mencegah  sel kanker dalam tubuh.

Menurunkan Tekanan Darah
Potasium dan kalium sangat berperan dalam menjaga dan mengendalikan tekanan darah pada tubuh. Bukan hanya itu, penyempitan dan pengerasan akibat dari penumpukan plak pada pembululuh darah dapat dihindari. sehingga buah ini sangat cocok bagi penderita hipertensi.

Pencahar Alami
Pola makan yang tidak seimbang dan tidak teratur merupakan penyebab sembelit. Obat untuk pencahar memang banyak di toko-toko. Tapi jika menkonsumsinya secara berlebihan akan berakibat ketergantungan pada obat tersebut. Maka dari itu buah blewah ini dipercaya sebagai buah yang memiliki manfaat masalah BAB(sembelit) anda dan merupakan pencahar alami. 

Limpa
Kandungan mineral kaya akan kalium, serat makanan dan provitamin A pada blewah ini dipercaya dapat menjaga serta  menyehatkan tubuh vital kita. Seperti jantung, paru-paru, ginjal, limpa, serta pembuluh darah.

Baik untuk Program Diet 
Manfaat ini memang banyak orang menginginkan apalagi kaum hawa. Pada takaran 100 gram blewah mengandung 60 kalori. Maka dengan menkonsumsi buah blewah ini sangat baik bagi yang melakukan diet rendah kalori. Walaupun memiliki rendah kalori tapi manfaat kesehatan menyeluruh. Biasanya jika seseorang melakukan diet rendah kalori (ketat), tidak menghiraukan nutrisinya. Sehingga menyebabkan kekebalan tubuh melemah dan sakit. Dengan hadirnya buah ini di harapkan vitamin dan mineral seimbang dan mengurangi resiko masalah tersebut.

Nah sekian mengenai buka yang manis tapi bermanfaat dengan buah blewah saat Ramadhan tiba. Walaupun jika kita ulas lebih dalam masih banyak manfaat buah blewah ini. Tapi perlu diingat pola hidup memang perlu dijaga 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "BUAH BLEWAH: BERBUKA DENGAN YANG MANIS-MANIS TAPI BERMANFAAT "

Post a Comment