WAKTU DAN CARA PENGGUNAAN PUPUK ORGANIK CAIR (POC) PADA TANAMAN

Pupuk sejatinya memiliki peran penting untuk tanaman sebagai pemasok akan kebutuhan nutrisi yang diperlukan tanaman dengan tujuan untuk memaksimalkan pertumbuhan dan produktifitas. Walaupun demikian perlu pemahaman mengenai penggunaan sehingga akan meningkatkan efisiensi ataupun efektivitas pupuk tersebut. Jika tidak maka sebaliknya akan menurunkan efektivitas pupuk tersebut. Berbeda dengan pupuk organik cair yang anda beli di toko pertanian harus sesuai ahli pertanian cara penggunaannya pada tanaman.
Waktu dan cara penggunaan POC dengan tepat dan benar
Fitonutrition_yk
Baca Juga Manfaat Micin atau MSG untuk TanamanMemperbanyak EM4 dengan MudahPentingnya EM4 untuk Pertanian
Didalam penggunaannya atau pengaplikasian ke tanaman terdapat dua cara yaitu dengan cara disiramkan ke dalam media tanam atau di semprotkan di daun tanaman. Kedua cara tersebut bisa kita terapkan sesuai kebutuhan kita. Untuk alatnya kita bisa menggunakan tangki semprot ukuran 14 L jika lahannya luas berhektar-hektar Atau bisa menggunakan botol semprot jika lahannya sempit. 
Waktu dan cara penggunaan POC dengan tepat dan benar
Contoh Alat Siram

Dari kedua tersebut ada fungsinya masing-masing seperti penyiraman guna untuk fokus langsung ke media tanah sehingga unsur haranya akan terpenuhi, tanah menjadi gembur dan bisa untuk menghancurkan sisa pupuk anorganik didalam tanah. Sedangkan untuk penyemprotan berfungsi untuk memfokuskan pupuk masuk kedalam stomata tanaman sehingga tanaman mudah menangkap pupuk tersebut dan cepat dipergunakan untuk tanaman tersebut. Kedua cara tersebut memiliki kelebihan masing-masing. Alangkah baiknya jika dosis yang diberikan tidak sekaligus. Maka dari itu berikut ini waktu dan cara-cara penggunaan POC, sebagai berikut.
  • Pertama lakukan pengocokan terhadap pupuk tersebut. Hal tersebut biasanya sering dilupakan karena sepele. 
  • Bacalah petunjuk pemakaian jika POC memerlukan perekat dalam penggunaannya maka sediakanlah perekatnya. Jika tidak POC akan mudah hilang saat melakukan penyemprotan pada daun. 
  • Waktu yang baik untuk melakukan aktivitas menyenangkan ini yaitu disaat matahari terbit atau pagi hari sekitar pukul 05.30-09.30 dan disaat matahari hampir tenggelam sekitar pukul 15.30-18.00. Terpenting hindari disaat siang hari karena penguapan lebih cepat akibat sinar matahari, disaat matahari tak nampak lagi, dan menjelang hujan. Namun jika kita sudah melakukan penyemprotan kemudian turun hujan 1-2 jam kemudian. Maka tidak perlu dilakukan pengulangan. 
  • Jika kita melakukan penyemprotan pada batang daun tambahkan dosis hingga 2X lipat. Demikian dengan menyiram POC ditanah. 
  • Tutup botol pada kemasan 1 liter (merah atau hijau) biasanya mempunyai volume setara dengan kurang lebih 10 cc. 
  • Menghitung luas lahan dengan keperluan POC. Biasanya untuk luas lahan 1 hektaran membutuhkan 12-15 tangki (14 liter) untuk setiap kali penyemprotan. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "WAKTU DAN CARA PENGGUNAAN PUPUK ORGANIK CAIR (POC) PADA TANAMAN"

Post a Comment