PANDUAN LENGKAP PEMBENIHAN IKAN MUJAER BAGI PEMULA

Ikan mujaer memiliki tingkat popularitas cukup tinggi dikalangan masyarakat. Karena harganya yang terjangkau, mudah dibudidayakan dan mudah di temui. Ikan yang memiliki bentuk pipih, warna hitam keabu-abuan dan panjang maksimum 40 cm ini memiliki citarasa cukup gurih dan sedikit duri. Ikan yang berasal dari perairan Afrika ini memiliki nama Mozambique Tilapia dalam bahasa Inggrisnya. Pada tahun 1939 ikan ini ditemukan di Indonesia di muara sungai serang, Blitar, Jawa Timur oleh Pak Mujaer. Sehingga ikan ini diberi nama Mujaer untuk mengenang pemiliknya. 

Ikan ini menuju tahap reproduksi sangatlah cepat. Pada umur 3 bulan ikan ini sudah mampu berkembang biak dan setelah itu mampu reproduksi persatu setengah bulan. Untuk itu perlu pemahaman dini jikalau kalian masih pertama/pemula ingin melakukan pembenihan ikan mujaer ini. Walaupun cara  pembenihan mudah dan hampir sama dengan ikan air tawar lainnya khususnya ikan Nila. Namun, perlu mengetahui hal-hal mendasar melakukan pemijahan ikan mujaer ini supaya sukses dan berhasil. Lebih lengkapnya simak ulasan dibawah ini :
Baca Juga Pentingnya EM4 untuk Pertanian
MEMILIH INDUKAN 
Jika anda melakukan budidaya menggunakan bibit hasil pemijahan sendiri, sebaiknya perhatikan berikut ini.
  • Indukan harus agresif, lincah, dan gesit apalagi saat diberi pakan.
  • Tidak ada tanda cacat ditubuhnya.
  • Tahan terhadap hama dan penyakit.
  • Mudah beradaptasi terhadap lingkungan.
  • Memiliki bobot ideal lebih dari 100 gram.
  • Mampu reproduksi dalam jumlah besar dibarengi dengan kualitasnya.
  • Pertumbuhannya cepat.
  • Responsif dengan makanan buatan atau kombinasi.

MEMBEDAKAN INDUKAN.
Setelah tahap memilih indukan sesuai persyaratan diatas. Tahap selanjutnya membedakan Indukan jantan dan betina. Berikut ini ciri-ciri fisik dari indukan jantan dan betina.
JANTAN
  1. Terdapat 2 buah lubang masing-masing anus dan lubang sperma.
  2. Memiliki warna kemerah-merahan terang dan jelas pada ujung sirip 
  3. Pada perutnya lebih kehitaman/gelap.
  4. Dagu kehitam-hitaman dan kemerah-merahan.
  5. Pada bagian perut jika distriping mengeluarkan cairan.

BETINA
  1. Terdapat 3 buah lubang masing-masing dubur, lubang pengeluaran telur dan lubang urine.
  2. Memiliki warna kemerah-merahan pucat atau tidak jelas pada ujung sirip .
  3. Pada perutnya putih.
  4. Dagu memiliki warna putih.
  5. Pada bagian perut jika distriping mengeluarkan cairan.


PEMBENIHAN
Pemijahan ikan ini tidak perlu penanganan khusus seperti lingkungannya, waktu, dan lain sebagainya. Karena hampir bisa dilakukan sepanjang tahun. Hal yang perlu dilakukan yaitu penyiapan media dengan ukuran kolam 3*4 meter dan ketinggian air 60 cm. Adapun penyiapan lainnya seperti pengerikan, pengapuran dan pemupukan guna untuk pemeliharaan saat pemijahan. Untuk ketinggian air kolam tidak boleh kurang dari 50 cm serta berilah lumpur. Masukan calon indukan dengan perbandingan 3 jantan :2 betina. Pemberian lumpur guna untuk proses pemijahan karena lumpur tersebut akan dibuat lubang sarang oleh ikan mujaer. Lubang sarang tersebut biasanya berbentuk cekungan dengan diameter 10-35 cm.

Proses pemijahan akan berlangsung pada saat itu. Setelah selesai, hasil dari pemijahan akan dikumpulkan oleh induk betina ke dalam mulutnya untuk inkubasi. Bebarengan waktu inkubasi si induk tidak aktif mengkonsumsi makanan dan akan menetes berkisar 3-5 hari pada suhu air sekitar 25 °C – 27°C. Indukan akan melepas anaknya sekitar 2 minggu setelah menetas, untuk mencari pakan sendiri.
Sekian pembahasan mengenai "Panduan lengkap pembenihan ikan mujaer bagi pemula" semoga berguna dan bermanfaat. Silahkan komentar dibawah ini bila ada salah kata ataupun penulisan. Terimakasih.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "PANDUAN LENGKAP PEMBENIHAN IKAN MUJAER BAGI PEMULA"

  1. trimakasih sangat bermanfaat bagi pemula yang ingin berternak ikan ini .

    ReplyDelete