13 MANFAAT KACANG TANAH BAGI KESEHATAN YANG BELUM KETAHUI


Kacang tanah merupakan jenis kacang-kacangan yang populer dan terpenting di Indonesia setelah kedelai. Tanaman ini dalam bahasa latinnya yang dikenal dengan naman Arachis hypogea L, merupakan jenis tanaman pangan yang memiliki segudang manfaat. 
13 MANFAAT KACANG TANAH BAGI KESEHATAN YANG BELUM KETAHUI
Kacang Tanah
Maka tidak heran jika tanaman ini diminati oleh konsumen maupun pembisnis. Memang dari fungsinya kacang tanah lebih bersifat sebagai makanan samping bukan makanan pokok sehari-hari. Contoh olahan yang sering kita jumpai seperti kacang atom, telur, rebus, goring dan lain sebagainya. 

Bukan hanya itu kacang tanah juga dapat digunakan untuk bahan pembuatan bumbu pecel, gado-gado, tahu lontong, tahu tek, bahan sayur, bumbu sate, dan lain sebagainya.
Kandungan kacang tanah per 100 gram memiliki gizi diantaranya:

Fakta lain menyebutkan (http://healthyeating.sfgate.com/health-benefits-raw-peanuts-4401.html diakses 11 Januari 2017)
Setiap satu cangkir kacang mentah mengandung diantaranya:
Cara pengolahan kacang tanah berbagai macam rasa yang dihidangkan seperti asin, manis, hambar, panggar, bawang, dengan mentega, dan lain sebagainya. 
13 MANFAAT KACANG TANAH BAGI KESEHATAN YANG BELUM KETAHUI
Kacang Kupas
Sehingga kandungan gizi bervariasi terhadap pengolahan itu sendiri. Namun manfaat kacang tanah masih bisa rasakan untuk kesehatan. Berikut ini dalam 100 gram kacang tanah yang dikupas, setara dengan 28g mengandung nutrisi, antara lain:
Dilihat dari kandungannya kacang tanah sudah tidak diragukan lagi. Selain mempunyai rasa yang nikmat, juga terdapat kebaikan yang tinggi serta merupakan sumber protein. Terdapat banyak manfaat kacang tanah bagi kesehatan kita antara lain:

MENJAGA KADAR KOLESTEROL
Kacang tanah dipercaya memiliki kandungan asam lemak tidak jenuh atau lemak baik. Lemak ini dapat menurunkan kadar kolesterol yang tinggi. Kadar kolesterol tinggi rentan terhadap resiko serangan jantung. Sehingga baik untuk mencegah atau mengobati penyakit jantung. Sehingga saat anda menkonsumsi secara tepat dan teratur, kandungan lemak tidak jenuh atau lemak baik dan antioksidan dapat menurunkan kolesterol jahat pada tubuh anda.

MENGOBATI DIABETES
Penyakit ini memang sangat menakutkan, pasalnya tiap tahun ke tahun terjadi peningkatan yang cukup signifikan. Penderita penyakit ini diperkirakan kurang lebih 450 juta diseluruh dunia. Dilansir dari BBC.com tingkat kematian penyakit ini sangatlah tinggi mencapai 3.7 juta tiap tahunnya. Maka dari itu pencegahan perlu dilakukan, salah satunya menkonsumsi kacang tanah sesuai takaran dan teratur. Kandungan mangan dalam kacang tanah dapat menyerap kalsium dan lemak, sehingga dapat mengatur kadar gula darah untuk.

MENGATASI RAMBUT RONTOK
Jika anda bermasalah dengan rambut rontok sehingga mengurangi kepercayaan diri anda. Konsumsilah kacang tanah susai takaran, karena kandungan asam amino didalamnya mampu merangsang dan mencegah rambut rontok. Bukan hanya itu kacang tanah berkhasiat menyehatkan kulit dan memperlancar peredaran darah pada kulit kepala.

BAIK UNTUK IBU HAMIL
Saat posyandu ibu-ibu maupun balita akan disuguhkan kacang hijau karena baik untuk ibu hamil dan balita. Sama halnya dengan kacang tanah, baik untuk ibu hamil karena terdapat kandungan asam folat. Asam folat dipercaya dapat mencegah bayi lahir dalam kondisi cacat dan baik untuk perkembangan bayi. Maka dari itu, mengonsumsi kcang-kacangan perlu untuk ibu hamil, apaagi diawal masa kehamilan.

BAIK UNTUK KESEHATAN KULIT
Peran vitamin E, seng dan magnesium dipercaya dapat menyehatkan kulit kita, mengurangi kerutan pada kulit dan menekan pertumbuhan bakteri penyebab jerawat. Selain itu, terdapat kandungan asam lemak yang dapat menurunkan pembengkakan dan iritasi kulit. Bukan hanya itu, terdapat kandungan riboflavin dan vitamin B yang membuat kulit lebih bersinar dan awet muda

BAIK UNTUK PROGRAM DIET
Rasio karbohidrat-protein rendah membuat kacang tanah menjadi pilihahan yang baik bagi orang-orang yang mengikuti diet rendah karbohidrat dan protein tinggi. Bukan hanya itu, kacang tanah memiliki kandungan serat yang baik untuk diet. Karena dapat mengontrol keinginan berlebihan saat makan membantu menahan rasa kenyang.

MEMPERBAIKI SEL-SEL RUSAK
kacang tanah merupakan sumber protein tinggi, yang membantu memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak. Peran protein tersebut memperbaiki bila mana ada sel yang harus diganti dan rusak. Karena sel-sel tersebut selalu di ganti dan di perbarui secara terus menerus.

MENGHAMBAT RADIKAL BEBAS
Kacang tanah dipercaya memiliki senyawa yang disebut p-coumaric acid dan asam oleat. Senyawa tersebut bukan hanya menghambat radikal bebas tapi melindungi kesehatan jantung dan infeksi di teluk.

MENJAGA FUNGSI TUBUH
Kandungan mineral didalam kacang tanah sangat melimpah seperti magnesium, fosfor, kalium, seng, dan lain sebagainya. Sehingga dengan adanya kandungan tersebut, tubuh kita akan berfungsi dengan baik. dipastikan dengan konsumsi secara teratur kacang akan memberikan pasokan yang cukup dari mineral ini untuk memastikan kesehatan jantung dan meminimalkan  risiko penyakit kekurangan mineral.

MENCEGAH OSTEOPOSIS
Menkonsumsinya dalam jangka panjang dapat mencegah osteoporis dikarenakan tanaman ini dapat meningkatkan kepadatan tulang pada tubuh. Kandungan Kalsium dan vitamin D dipercaya untuk kebaikan kesehatan tulang dan gigi. Maka dari itu, pentingnya kacang tanah bagi kesehatan.

MENCEGAH KANKER
Tanaman ini juga berperan mencegah kanker, karena tanaman ini mengandung Resveratrol yang merupakan senyawa polifenol dan sering dimanfaatkan dalam bidang kesehatan. Kacang tanah juga mengandung antioksidan yang terbukti mampu menenkan kanker dan penyakit jantung. Selain itu, terdapat kandungan serat yang membantu sistem pencernaan dan berfungsi untuk mencegah beberapa jenis kanker, yaitu kanker payudara dan kanker usus besar. 

MENCEGAH BATU EMPEDU
Menkomsumsi secara teratur dan sesuai takaran kira-kira 5 ons per minggu, baik dalam bentuk olahan ataupun alami (mentah). Dapat menurunkan atau mencegah risiko batu empedu. Batu enpedu ini terjadi karena penumpukan kolesterol pada empedu. Namun kolestrol dalam tubuh dapat dikendalikan oleh kandungan yang ada pada kacang tanah.

KESEHATAN JANTUNG
Kacang tanah memiliki kandungan magnesium yang diyakini dapar mengatasi penyakit jantung. Jika kita menkonsumsi secara teratur selama kurang lebih 30 minggu dapat menurunkan trigliserida serta menaikkan kadar magnesium. Bukan hanya itu, terdapat kandungan asam oleat yang dapat menurunkan resiko kardiovaskuler yang mengakibatkan jantung lemah atau koroner. Semoga bermanfaat 

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "13 MANFAAT KACANG TANAH BAGI KESEHATAN YANG BELUM KETAHUI"

  1. ternyata banyak juga manfaaty yah baru kali ini sya tau manfaatu setelah bca article ini... sebelumya sih asl mkan aj heheh thanks gan sangat membantu bagi yg suka makan kacang seperti sya jdi tau ap manfaaty...

    ReplyDelete
  2. Iyaa gan, selain rasa yang nikmat kacang tanah juga banyak manfaatnya gan

    ReplyDelete