CARA PEMBUATAN PESTISIDA NABATI DARI BAWANG PUTIH


Jumpa lagi sobat PMS yang berbahagia, kali ini saya akan membahas mengenai pestisida. Pestisida merupakan salah satu penentu yang sangat vital di bidang pertanian. Mengapa demikian, karena jikalah kita salah memilih pestisida akan berakibat fatal hingga gagal panen. Pada dasarnya pestisida digunakan karena fungsinya untuk pencegahan atau mengendalikan. Apalagi pestisida yang kita gunakan ramah lingkungan dan baik untuk tanaman.

Baca Juga Perangkap Lalat Buah Ampuh dan MudahCara Membuat Pupuk Organik Cair dengan Mudah
Tips dan trik jitu membuat pestisida nabati
Maka akan menghasilkan produk yang berkualitas tinggi yang tentunya peminatnya besar. Berikut ini saya akan menjelaskan mengenai cara pembuatan pestisida murah menggunakan bahan dapur yang mudah ditemui yaitu bawang putih. Simak ulasan berikut ini. 

ALAT DAN BAHAN:
Siapkan bawang putih sebanyak 6 butir, air sebanyak 2 liter bisa anda tambahkan atau kurangi 1 liter air setiap penambahan atau pengurangan 3 butir bawang putih. Cobek untuk penghalus bawang putih, sabun cair 1/2 sdm, solet /sendok botol atau jerigen untuk penampungan, corong, penyaring, dan penyemprot.

Baca Juga Memanfaatkan Putung Rokok Untuk Pestisida Ramah Lingkungan

CARA PEMBUATAN
Taruh bawang putih di atas cobek lalu haluskan hingga benar-benar halus. Bila kapasitas besar bisa menggunakan blender. Jika sudah halus, kumpulkan menggunakan sendok lalu masukan kedalam air yang sudah disiapkan. Setelah itu masukan kedalam botol atau jerigen penampungan. Kemudian diamkan didalam suhu 20-25 derajat Celcius atau suhu ruangan selama 24 jam/1 hari. Setelah disimpan kurang lebih 24 jam air bawang bisa digunakan ke tanaman. Catatan "untuk pemakaian yang baik tidak lebih dari 3 hari setelah penyimpanan".

CARA PEMAKAIAN
Masukan air bawang tersebut kedalam penyemprot. Saring saat memasukan air bawang kedalam penyemprot agar tidak menyumbat. Masukan sabun colek kurang lebih 1/2 sdm. Penggunaan sabun colek dimaksud bila menemui tanaman atau hama yang bersifat lilin. Jika tanaman memiliki daun yang dilapisi lilin seperti daun brokoli maka akan sulit untuk menempel dan akan jatuh untuk pestisidanya. Sama halnya dengan hama yang memiliki kulit yang dilapisi lilin. Maka dengan penambahan sabun colek akan meningkatkan kerja dari pestisida itu sendiri. Pestisida siap digunakan untuk tanaman. 

Usahakan penyemprotan dilakukan secara berkala-kala. Karena pestisida ini bersifat organik memang tidak langsung nampak atau mati hama yang dikendalikan. Butuh pemahaman terhadap tanaman ataupun hama yang ditanganinya bila keadaan parah bisa diaplikasikan tiap hari. Bukan hanya itu, pestisida ini juga bisa digunakan untuk hama atau penyakit didalam tanah. Caranya dengan menyiramkan air bawang tersebut disekeliling tanaman secara merata. Sekian ulasan singkat mengenai "Pestisida Nabati Dari Bawang Putih". Semoga bermanfaat dan terimakasih sudah mampir disini. Sapa juga chanel Taman Inspirasi.

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "CARA PEMBUATAN PESTISIDA NABATI DARI BAWANG PUTIH"