TIPS BUDIDAYA IKAN BAWAL SECARA TEPAT


Ikan bawal merupakan ikan yang memiliki warna hitam dan oranye. Bentuk tubuhnya pipih dan lebar  yang membuat ikan ini cukup berbeda dengan ikan lainnya. Ikan ini juga mempunyai nilai ekonomis di masyarakat, sehingga peluang baik untuk dibudidayakan. Bukan hanya itu, ikan ini relatif lebih cepat dalam pertumbuhan, omnivora, mampu bertahan hidup lebih besar, dan lain sebagainya. Dibawah ini pembahasan dibatasi hanya pada pembesaran ikan bawal.

Gambar ikan
Ikan Bawal

KONDISI KOLAM
Kolam untuk pembesaran ikan bawal bervariasi mulai dari kolam tanah, terpal, kolam yang hanya dasarnya tanah atau sepenuhnya semen, dan lain sebagainya. Namun bila menginginkan pertumbuhan yang baik dan tinggi produktivitasnya pemeliharaan dilakukan dengan teknik keramba jaring apung (KJA) di danau alami atau buatan. Perlu diingatkan untuk budidaya ikan bawal buatlah sirkulasi air mengalir.

Baca juga [ Cara Pembenihan Ikan Mujaer Bagi Pemula ]

Ikan ini dapat tumbuh diketinggian antara 0-800 meter diatas permukaan laut. Untuk suhunya sendiri yang dapat di toleransi oleh ikan 20-30 derajat Celcius. Namun jika menginginkan pertumbuhan optimal maka kita atur di suhu 25-28 derajat Celcius. Kualitas air yang baik yaitu air yang tidak tercemar dan nilai keasaman mendekati netral. Tingkat keasaman untuk ikan bawal agar tumbuh optimal berkisar antara pH 6.5 - 7. Sedangkan untuk kandungan DO (oksigen terlarut di dalam air) adalah 3 ppm semakin tinggi nilainya maka semakin baik.

Kandungan Karbondioksida bebas (CO2) yang baik untuk kelangsungan hidup ikan bawal dibawah 12 ppm. Kanndungan tersebut dipengaruhi oleh kandungan bahan organik terurai, agilasi suhu, pH, dan lain sebagainya. Sedangkan untuk amonia sebesar 0,05 ppm, NO2 sebesar 0,25 ppm. Sumber air yang dipilih untuk budidaya ikan bawal bisa menggunakan air sungai, irigasi, sumur, dan hindari air PDAM karena mengandung kaporit. Yang terpenting sesuai persyaratan yang diatas.


PERSIAPAN KOLAM
Lakukan pengeringan kolam, lalu taburkam garam kasar untuk pembasmian terhadap jamur dan senyawa berbahaya saat penjemuran. Taburkan kapur pertanian dengan dosis 25 kg / m2 guna untuk meningkatkan pH dan membunuh hama dan patogen sisa penjemuran.

Berilah pupuk kandang yang benar-benar sudah matang atau fermentasi kemudian masukan ke karung. Lalu lobangi karung tersebut tenggelamkan pupuk didasar kolam menggunakan pemberat.
Lakukan pengisian air kolam sedikit demi sedikit hingga mencapai 50-60 cm. Lalu tambah pupuk urea sebanyak 1 SDM atau tambahkan pupuk TSP 3 kg/m2. Diamkan hingga 3-5 hari. Jika air berwarna hijau terang maka benih siap ditebar.

Pemberian pupuk tidak harus dilakukan, karena sejatinya makanan lebih didapatkan dari makan buatan. Bila menginginkan pemupukan bisa dilakukan cara diatas.


PENEBARAN BENIH
Benih yang digunakan dari indukan unggul sehingga baik untuk pembesaran. Ciri-cirinya benih baik yaitu ikan harus lincah seragam, tidak cacat fisik, dan tidak membawa penyakit. Idealnya untuk pembesaran benih berukuran antara 5-12 cm. 

Setelah kolam dipersiapkan sedemikian rupa, saatnya untuk penebaran benih ikan di kolam. Supaya ikan bawal mudah adaptasi dengan kondisi kolam.Bilamana benih ikan dibungkus plastik, lakukan perendaman hingga suhu kolam sama dengan bungkus plastik. Bila bungkus plastik mengembun menandakan suhu tersebut sama dengan kondisi kolam. Setelah itu buka bungkus plastik, biarkan air kolam masuk kedalam plastik. Kemudian sebar secara perlahan ke kolam pembesaran. Cara tersebut guna meminimalisir terjadinya stress pada ikan bawal.

PEMBERIAN PAKAN
Pakan yang baik mengandung protein 70% berat pada pakan. Kandungan lainnya dalam pakan ikan seperti karbohidrat, mineral, lemak dan vitamin. Perlunya pakan bergizi tinggi dan kompleks merupakan faktor penting agar ikan berkembang dan tumbuh pesat.

Ikan ini bersifat omnivora sehingga memudahkan dalam pemberian pakan. Pakan bisa anda berikan menggunakan dedaunan dan pelet. Untuk meminimalisir biaya operasional pakan bisa mengkombinasikan dedek dengan pelet dan lain sebagainya. Untuk ukuran pakan ikan sebesar 3 % dari berat tubuh ikan dengan cara menimbang ikan secara acak.


PANEN
Waktu panen ikan bawal hampir sama dengan ikan bersisik lainnya seperti nila, emas dan lainnya. Membutuhkan waktu 4-6 bulan setelah penebaran benih. Biasanya dalam waktu tersebut sudah mencapai ukuran konsumsi dengan berat kurang lebih 1/2 kg/ekor. Pemanenan dilakukan menggunakan jaring atau waring berlubang lebar. Bilamana ikan masih ditampung, usahakan airnya tetap bersih dan mengalir.
Suhu infoagribisnis.com

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "TIPS BUDIDAYA IKAN BAWAL SECARA TEPAT"