CARA PEMBUATAN PESTISIDA AMPUH MENGGUNAKAN PUNTUNG ROKOK | PETANI MUDA


Permasalahan sampah di negeri ini memang tidak ada habisnya dan menimbulkan berbagai kerugian. Dilansir dari National Geographic kerugian yang dihasilkan dari sampah plastik atau sejenisnya (tidak dapat terurai) menimbulkan kerugian mencapai USD 1.2 miliar atau setara 16  triliun. Demikianlah dengan sampah yang dihasilkan rokok. Produksi rokok di Indonesia kurang lebih 335 milyar batang per tahun. Bayangkan jika selama 2 tahun saja diakumulasikan. Maka sampah yang dihasilkan bisa menyamai gunung bahkan menyaingi monas. 
CARA PEMBUATAN PESTISIDA AMPUH MENGGUNAKAN PUNTUNG ROKOK | PETANI MUDA
Dok Taman Inspirasi | Youtube

Puntung rokok sebenarnya bisa dimanfaatkan untuk berbagai hal. Salah satunya sebagai obat pertanian atau pestisida. Hal yang harus dipersiapkan dalam pembuatannya sebagi berikut.

Baca Juga Cara Pembuatan Pestisida Bawang Putih Dengan Mudah

Alat dan Bahan
1. Botol bekas atau jerigen 
2. Sharingan.
3. Wadah seadanya
4. Gelas ukur
5. Semprotan
6. Puntung Rokok 30/ liter air
7. Air
8. Corong


PEMBUATANNYA
Pembuatan pestisida ini sangatlah mudah dan tentunya terjangkau. Langkah pertama masukan air kedalam botol bekas sebanyak 1 liter. Masukan Putung rokok yang telah anda siapkan, untuk setiap 1 liter air dibutuhkan 30 puntung rokok. Kemudian tutup botol atau jerigennya. Simpan ditempat aman minimum 7-9 hari.
CARA PEMBUATAN PESTISIDA AMPUH MENGGUNAKAN PUNTUNG ROKOK | PETANI MUDA
Pestisida Rokok



CARA PEMAKAIANNYA
Jika pestisida sudah kita simpan setidaknya 7-9 baru bisa kita pakai. Dengan cara masukan air kedalam wadah sebanyak 1 liter dan masukan pestisida puntung rokok 1 liter juga, jadi perbandingannya 1:1. Aduk supaya rata lalu memasukan pestisida kedalam penyemprot. gunakanlah saringan agar puntung tidak masuk kedalam semprotan.

Baca Juga Perangkap Lalat Buah Ampuh dan Mudah

Semprotkan pada tanaman secara berkala dan selalu dikontrol. Karena Pada setiap penanganan itu berbeda-beda dilihat dari jenis tanaman, kekuatan tanaman, umur tanaman atau tingkat penyakit tanamannya. Jika penyakitnya pada tingkat parah perlu suatu penangan setiap hari untuk penyemprotan pestisida ini dan sebaliknya. Memang untuk hama tertentu tidak langsung menjauh atau mati butuh 2-4 hari bahkan lebih untuk melihat hasilnya.


TINGKAT MORTALITAS
puntung rokok dipilih karena memiliki kandungaan nikotin didalamnya yang terdapat pada daun tembakau yang notabene tanaman petani. Pada penyemprotan menggunakan pestisida ini bisa mencapai 100 % kematian pada hama Plutellaxylostella selama waktu tertentu ini terbukti pada penelitian yang dilakukan mahasiswa UNY. 


KANDUNGAN 
Rokok dari pestisida ini mengandung alkoida yaitu senyawa nikotin yang terikat oleh asam sitrat dan sama malat. Alkoida didapatkan dari tembakau yang ada pada putungnya.

Kandungan lainnya yang dapat membunuh hama secara ampuh yaitu  senyawa Amin, senyawa Pirol, senyawa Pidirin, serta alkaloida Nomikotin dan anabasin. Sehingga pestisida ini bisa anda jadikan pilihan untuk mengatasi hama dan penyakit karena pembuatannya mudah dan tentunya murah bahkan pestisida ini juga bisa digunakan untuk pencegahan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "CARA PEMBUATAN PESTISIDA AMPUH MENGGUNAKAN PUNTUNG ROKOK | PETANI MUDA"

Post a Comment