Kandungan dan Manfaat Buah Sirsak untuk Obati Berbagai Macam Penyakit


Buah dengan nama latin Anona muricata Linn memiliki ciri-ciri gerigi dibagian luar serta daging berserat halus dengan warna putih serta rasa asam manis dan segar. Maka tidak heran, jika buah jika  buah ini sering digunakan sebagai perisa rasa aneka produk minuman atau jus buah. Dikalangan masyarakat buah ini digadang-gadang memiliki manfaat besar bagi kesehatan. Bahkan masyarakat mempercayai jika buah ini dapat membunuh sel kanker dan lebih manjur daripada kemoterapi. Hebatnya lagi tanpa efek samping di dalam tubuh. Bukan hanya buahnya saja yang memiliki khasiat seluruh bagian tumbuhan ini memiliki khasiat. Seperti daun, kulit kayu, biji, bahkan akarnya yang dipercaya sebagai obat tradisional jaman dahulu. Sehingga dengan perkembangan jaman produk ekstrak sirsak sering dijumpai di toko-toko produk dari buah ini.  Fakta membuktikan ekstrak sirsak dipercaya menyembuhkan rematik, arthritis, depresi bahkan infeksi parasit dan virus. Ekstrak tersebut sudah banyak digunakan diberbagai belahan dunia contohnya Amerika.
Kandungan dan Manfaat Buah Sirsak untuk Obati Berbagai Macam Penyakit
Manfaat Buah Bagi Kesehatan

Fakta lain mengenai buah sirsak mengandung Karbonhidrat hingga 4% inti pada buah sirsak. Didalamnya terdapat kandungan gula preduksi yaitu Fruktosa paling banyak dan sisanya Glukosa. Kandungan lain yaitu Serat dan Vittamin C tinggi berkisar 20 mg/100 gram. Kebutuhan tubuh 60 mg/hari, sehingga dengan menkonsumsi 300 mg kebutuhan Vitamin C terpenuhi. Selain itu terdapat Vitamin B1, B2, B6, Mineral seperti Kalium, Riboflavin, Magnesium, serta zat Besi. Sehingga jika dilihat dari kandungannya yang kaya akan nutrisi penting bagi tubuh. Tidak heran banyak praktisi kesehatan menyarankan buah ini untuk pengobatan herbal. Berikut ini manfaat buah sirsak untuk kesehatan.

Manfaat dan Khasiat Buah Sirsak 

Manfaat Vitamin C
Terpenuhnya kebutuhan Vitamin C dapat meningkatkan ketahanan tubuh sehingga tidak mudah sakit dan penuan dini. Terlebih Vitamin C meningkatkan antioksidan dalam tubuh yang dapat menangkal dan melawan radikal bebas. Vitamin C juga dipercaya mencegah atau mngobati flu dan menguatkan sistem kekebalan tubuh akibat serangan virus dan bakteri.

Manfaat Mineral dan Mengobati Diabetes
Kandungan mineral seperti fosfor dan kalsium dalam buah ini sangat bermanfaat untuk kesehatan tulang dan gigi.  Terlebih, jika kita rutin meminum buah sirsak dengan cara di jus atau dengan cara lainnya dapat mengobati penyakit Diabetes. Serta zat besi dalam buah sirsak dipercaya mencegah atau mengobati gejala anemia.

Penambah Energi
Buah sirsak memiliki kandungan karbonhidrat, kita tahu bahwa kandungan tersebut berperan sebagai sumber energi pada tubuh. Sirsak juga mengandung glukosa namun juga mengadung tiamin yang dapat merubah glukosa tersebut menjadi energi. Sehingga tubuh akan merasa bergairah jika menkonsumsi buah yang memiliki aroma segar ini.

Kandungan Vitamin B1 atau Tiamin
Kandungan tersebut dapat mempercepat metabolisme tubuh, membantu sirkulasi darah dan tekanan darah sehingga darah tetap normal. Selain itu, fungsi otak akan tetap terjaga dengan adanya tiamin. Juga dapat mengurangi stress, memperkuat system saraf motoric bahkan Ketidaknormalan jantung dan kerusakan saraf tepi.

Kandungan Vitamin B2 atau Riboflavin
Kandungan ini sangat penting untuk kesehatan tubuh. Setiap orang berbeda akan kebutuhan vitamin B2 ini tergantung kondisi kesehatan, umur dan lainnya. Jika kondisi tubuh mengalami kondisi tertentu seperti diare, liver, ataupun kanker akan membutuhkan vitamin B2 lebih banyak dari orang normal. Kandungan tersebut membantu produksi hemoglobin, sehingga oksigen mengalir lancar keseluruh organ vital dalam tubuh serta bekerja secara normal. Membantu mengurangi protein, lemak dan karbohidrat yang ada di dalam makanan dan kemudian dialihkan menjadi energi bagi tubuh. Serta dapat memperlancar sistem pencernaan kita sehingga terhindar dari susah BAB dan diare. Bukan hanya itu vitamin B2 dapat menjaga sistem saraf meredakan sakit kepala seperti migrain dan jantung.

Mengobati Insomnia
Seperti dijelaskan diatas buah sirsak dapat menjaga sistem saraf. Biasanya gejala tereebut disebabkan stres. Sehingga orang yang mengalami gekala tersebut disarankan selalu mengonsumsi buah yang satu ini karena berfungsi sebagai penenang alami dan membuat nyenyak tidur.

Mengobati kanker
Dilansir dari merdeka.com, ekstrak sirsak bisa membunuh beberapa jenis sel kanker, termasuk kanker hati dan payudara. Namun, jika untuk menyembuhkan atau membunuh sel kanker lainnya belum ada bukti konkret mengenai hal tersebut. Karena Jika selain kanker tersebut belum ada uji laboratorium atau penelitian untuk mengujinya. belum Jika selain kanker tersebut belum ada uji laboratorium atau penelitian untuk mengujinya. ada uji laboratorium atau penelitian besar untuk mengujinya.
Kandungan dan Manfaat Buah Sirsak untuk Obati Berbagai Macam Penyakit
Manfaat Buah Bagi Kesehatan


Perlu diingat jika ingin menkonsumsi buah yang satu ini jangan berlebihan apalagi bagi penderita parkinson. Dilansir dari situs dan suatu penelitian besar, berlebihan menkonsumsi sirsak dapat menyebabkan parkinson dan bagian tubuh lainnya. Parkinson merupakan gangguan saraf pusat yang mempegaruhi gerakan, rasa kaku, gemetaran bahkan tremor. Setiap tahun mencapai 150 ribu kasus penyakit parkinson pertahunnya. Jika orang hamil atau menyusui perlu saran dari dokter jika ingin menkonsumsinya

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Kandungan dan Manfaat Buah Sirsak untuk Obati Berbagai Macam Penyakit"

  1. Kami memanggilnya buah durian belanda.
    Memang banyak khasiat dan manfaatnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa gan, ada juga yang menyebutnya nangka landa

      Delete