CARA MENANAM BUDIDAYA TEBU YANG BAIK DAN BENAR

Tebu merupakan tanaman yang selalu ditemui di dapur ibu, tapi bukan tebunya lho simak penjelasannya. Tanaman ini hampir mirip seperti bambu yang miliki tunas-tunas dibatangnya. Pada bagian daunya seperti rumput yang tumbuh tinggi dan memiliki batang bulat dan tipis. Tanaman dapat ditanam di daerah yang memiliki suhu 25 - 28 celcius, curah hujannnya 100 mm/tahun. Maka tak heran jika tanaman ini kuat akan iklim panas atau minum air. 
CARA MENANAM BUDIDAYA TEBU YANG BAIK DAN BENAR
Tebu-tebuan

Di dapur ibu bukan tebunya yang kita  temui melainkan gula yang merupakan hasil dari tebu itu sendiri. Jika dilihat dari penggunaan, prospek tanaman ini cukup menjanjikan dan selalu naik dari tahun ke tahun. Terlebih kebutuhan gula selalu ada setiap aktivitas dapur tiap hari. Maka tak heran jika gula selalu laku dijual dipasaran karena keunggulannya. Budidaya tebu memang masih jarang dikalangan petani atau perorangan. Kebanyakan yang bergerak dalam komoditas ini perkebunan swasta maupun milik negara.
CARA MENANAM BUDIDAYA TEBU YANG BAIK DAN BENAR
gulajutawan
Gula yang dihasilkan dalam proses pembuatannya diputihkan menggunakan bone char atau butiran karbon dari tulang. Sebelumnya dalam pengambilan sarinya dihancurkan menggunakan mesin kemudian akan mengeluarkan sari tebu tersebut. Jika anak milenium untuk merasakan gula murni biasanya dengan menggigit batang tebu pakai gigi kemudian dihancurlumatkan (mulut) sehingga mengeluarkan airnya dan bisa dinikmati.

Maka tak heran jika tebu adalah bentuk dari gula murni tanpa pengawet (tanpa pemutihan). Oleh karena itu, saya mencoba mengulas mengenai budidaya tebu ini. Apabila anda berminat dan berencana untuk membudidayakannya. Terutama bagi yang menginginkan pemanis alami dan cocok bagi kaum vegetarian. Hal yang perlu diperhatikan dalam budidaya yaitu pemilihan bibit, perawatan, panen, dan pasca panen, untuk menghasilkan tebu berkualitas tinggi dan baik. Lebih jelasnya simak ulasannya berikut ini. 


PEMILIHAN BIBIT 
Pemilihan bibit harus unggul baik keturunannya ataupun sifatnya. Bibit sebaiknya dipilih yang masih muda dan sehat. Bibit muda biasanya banyak tunasnya sedangakan bibit tua jelek untuk bibit.
CARA MENANAM BUDIDAYA TEBU YANG BAIK DAN BENAR
Bibit tebu

Pilihlah batang yang panjang dan tebal sehingga menghasilkan tanaman baru yang sehat. Umur bibit muda bisanya sekitar 5 - 7 bulan yang bisa digunakan, potonglah menjadi 2 - 3 bagian. Mendapatkan bibit bisa dibeli di pabrik atau di petani tebu lainnya jika memang masih awal dalam budidaya ini. Biasanya bibit melimpah saat bulan kering dan musim. Pemotongan bibit dengan harus diposisikan miring pada batangnya dengan panjang 25 - 30 cm dengan minimal 3 - 4 jumlah mata tunasnya. Mata tunas berpengaruh pada proses penanaman. Jika mata tunas berkisar 3 - 4 penanaman dilakukan tumpang tindih atau bersentuh ujung. Apabila mata tunas berjumlah 8-10 maka penanaman dilakukan dengan memberi jarak kurang lebih 1 meter setiap bibit (stek).


PENGOLAHAN TANAH
Tanah yang baik untuk bertanam tebu memiliki jenis tanah gembur subuh, banyak bahan organik. Pengolahan awal untuk bertanam tebu yaitu diberikan pupuk organik bisa menggunakan kompos hasil dari daun tebu sendiri.
CARA MENANAM BUDIDAYA TEBU YANG BAIK DAN BENAR
Pupuk tebu
Perbandingannya sebanyak 1-2 kuintal perhektar. Kemudian diamkan 2-3 hari untuk menjadikan tanah gembur yang sebelumnya diratakan dilahan tebu. Lalu lakukan pembajakan untuk membolak-balikan tanah atau mencangkulnya. Tambahan untuk menciptakan lahan yang baik dan bersih perlu dilakukan seleksi bekas bibit didalam lahan, seleksi batu yang ada dilahan, dibersihkan atau dilendresi pinggirannya.

PENANAMAN DAN PEMELIHARAAN
Sebelum bibit ditanam, pertama ratakan lahan dan gemburkan, kemudian buat guludan/galur/parit dengan kira-kira jarak disesuaikan luas lahan. Jarak antar galur antara 25-30 cm. Biasanya untuk membuat galur jika skala besar (perkebunan) menggunakan traktor.
CARA MENANAM BUDIDAYA TEBU YANG BAIK DAN BENAR
Alsintan

Jika skala kecil mengunakan alat cangkul dan alat lainya. Guna memberikan untuk proses sanitasi dan sinar matahari yang masuk ke dalam tanaman ini sehingga tercukupi dan biasanya lahan terbebas dari naungan yang menghalangi matahari. Setelah itu, lakukan penyiraman pada lahan atau galur yang telah disiapkan. Biasanya jika skala besar terdapat saluran irigasi yang dibuat menggunakan traktor untuk mengairinya atau menyiramnya. Jika skala kecil menggunakan selang untuk menyiramnya sebelum proses selanjutnya. Saat penyiraman air harus benar-benar terserap merata oleh tanah tanpa ada tersisa (tergenangi). Kemudian tebu bisa ditanam dengan posisi horizontal atau ditidurkan.
CARA MENANAM BUDIDAYA TEBU YANG BAIK DAN BENAR
Penanaman tebu

Kedalamannya sendiri yaitu 10-12 cm pada kedalam galur dengan posisi miring. Penutupan biasanya menggunakan cangkul dengan mengambil tanah diatasnya atau guludan. Pinggir tebu dipacul atau digulung supaya bakal anak cepat tumbuh. Waktu yang tepat untuk penanaman yaitu pagi dan sore saat cuaca cerah. Musimnya yaitu bulan kering yaitu memasuki bulan Oktober hingga Desember. Atau jika daerah lembab saat awal musim kemarau. Tambahan perawatan, lakukan pembajakan menggunakan priringan segitiga spya drainase untuk penggulutan jika ada tebu yang roboh dipacul dan ditanam lagi.

PENYULAMAN
Tanaman ini seperti tanaman pada umumnya jika terdapat bibit yang tidak tumbuh atau terserang hama dan penyakit dilakukan penyulaman. Penyulaman ini bertujuan untuk mengganti bibit yang tidak tumbuh sesuai dengan harapan dengan bibit baru. Biasanya untuk bibit penyulaman diambil dari bedengan yang khusus untuk penyulaman. Penyulaman sendiri bisa dilakukan saat tebu berumur berkisar paling lama 4 mingguan. Jika proses ini dilakukan maka produksi tebu kita akan tetap stabil dan tidak terjadi penurunan yang signifikan.


PEMUPUKAN
Pemupukan lanjutan pada tanaman ini bisa dilakukan bertahap dan disesuaikan dengan kondisi tanaman ataupun tanah. Jika pengalaman kakek saya sebagai mandor tebu pemupukan setelah 2-3 bulan setelah tanam. Umumnya waktu pemupukan sesudah penanaman yang baik yaitu saat tanaman muncul tunas saat pertama kalinya.
CARA MENANAM BUDIDAYA TEBU YANG BAIK DAN BENAR
Salah satu cara pemupukan
  Pupuk yang biasa digunakan pupuk yang kaya nitrogen atau pupuk KCL. Guna pemupukan ini seperti tanaman lain yaitu membantu tumbuh tanaman agar kuat dan sehat. Pupuk dengan kaya nitrogen atau KCL bisa anda dapatkan dari pupuk yang ada di toko atau pupuk kandang. 

PENYIRAMAN
Pada proses ini umunya dilakukan setelah melakukan penanaman. Lakukan penyiraman jika tumbuhan atau tanah benar-benar membutuhkan air. Lihat kondisi lingkungan, faktor cuaca dan waktu jika melakukan penyiraman.  Biasanya dalam tanaman tebu, penyiraman dilakukan setelah proses pemupukan yaitu 3 - 5 hari setelah pempukan.

PEMBERSIHAN ATAU PENYIANGAN
Tanaman ini bisa bertahan dikondisi yang tidak memungkinkan. Namun, jika gulma atau rumput pengganggu jangan dianggap sepele. Karena dapat menghambat pertumbuhan dari tebu sendiri atau tunas baru. Maka dari itu dilakukan pembersihan dengan cara mencabuti jika kondisi masih bisa dikontrol atau sedikit. Jika kondisi kritis bilaman lahannya rimbun rumput atau gulma yang menggangu tanaman tebu dilakukan penyemprotan dengan takaran yang telah ditentukan. 
CARA MENANAM BUDIDAYA TEBU YANG BAIK DAN BENAR
Penyemprotan tebu

Proses ini berlanjut hingga permukaan tanah tertutupi oleh daun tebu (tebu besar). Sehingga kemungkinan gulma tumbuh lagi semakin kecil disekitarnya. Tambahan pada bagian tebu dilakukan pembersihan atau klentek atau rewos sebanyak 2 kali setiap 1 kali masa tanam. Tebu jika sudah mempunyai 8 - 10 ruas atau berumur 5 - 6 bulan. Sedangkan klentek bagian kedua dilakukan saat tanaman

mempunyai 12 ruas atau berumur 7 - 8 bulan. Dengan membuang 3 - 5 daun kering. Daun kering atau daduk bekas rewos tebu dibawah kedalam.  Tujuan rewos untuk mempermudah pelaksanaan gulud, meningkatkan pertumbuhan batang dan menunjang rendemennya. Jika sudah pada bagian ini tebu sudah sedikit perawatan, tinggal menunggu musim panen tiba.




PANEN
Saat pemanenan tanaman ini dibutuhkan waktu kurang lebih semusim atau 10-12 bulan. Waktu pemanenan pada umumnya dilakukan saat memasuki bulan kering, pada bulan april hingga oktober. Pemanenan bisa dilakukan dengan cara memangkas bagian bawah dan atasnya. 
CARA MENANAM BUDIDAYA TEBU YANG BAIK DAN BENAR
Cara pemanenan

Pada bagian atas atau pucuk tanaman tebu ini dibuang atau dibiarkan menjadi kompos kemudian batang ditumpuk dibawahnya jika skala besar (perkebunan). Kemudian akan diangkat menggunakan grabber ke dalam truk. Setelah itu didistribusikan ke pabrik. Jika skala kecil biasanya batang diikat menjadi satu dengan jumlah ikatan 20-26 batang. Kemudian akan didistribusikan ke pabrik untuk digiling menjadi gula yang kita gunakan sehari-hari.
CARA MENANAM BUDIDAYA TEBU YANG BAIK DAN BENAR
Pemanenan tebu

Tebu dengan perawatan bisa tumbuh hingga 2 meteran dan memiliki rendemen tinggi hingga 10 %. Produktivitas tebu yang baik bisa mencapai 80-100 ton per hektare jika kita mempunyai pengetahuan dan pengalaman menghuni. Bukan hanya itu tebu juga bisa digunakan sebagai minuman menyegarkan yaitu sirup tebu yang higienis dan aman bagi kaum vegetarian. Semoga berguna dan bermanfaat mengenai cara menanam tebu yang baik. Jika ada tulisan atau tutur kata yang salah mohon dengan sangat komentar dibawah ini. Terimakasih 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "CARA MENANAM BUDIDAYA TEBU YANG BAIK DAN BENAR"

Post a Comment