Cara Melarutkan AB Mix Hidroponik Secara Baik dan Benar

Cara Melarutkan AB Mix Hidroponik

Bertani secara hidroponik sendiri sudah umum dikalangan masyarakat karena kemudahannya dalam perawatan. Sistem hanya menekankan pada pemberian nutrisi. Bagi para pemula biasanya akan bingung apa itu nutrisi dan bagaimana pemberiannya. Nutrisi sendiri didalam hidroponik yang umum digunakan yaitu nutrisi yang kompleks didalamnya, terdiri dari unsur hara makro dan mikro. 
Cara Melarutkan AB Mix Hidroponik

Didalam pembuatannya membutuhkan 12 unsur hara makro dan mikro. Unsur tersebut antara lain Nitrogen, kalium, kalsium, boron, sulfat, besi, dan lain sebagainya. Namun anda tidak usah bingung untuk meraciknya sendiri. Karena jika ingin meraciknya harus paham mengenai ilmu fisika, kimia, bahkan biologi. Mengapa demikian, karena didalam unsur tersebut ada salah satu yang tidak boleh dicampur menjadi satu. Lalu bagaimana solusinya, bagi para pemula yang masih belum paham mengenai racik meracik suatu pupuk atau nutrisi. Tenang saja dipasaran sudah tersedia suatu pupuk atau nutrisi yang kompleks. 
Cara Melarutkan AB Mix Hidroponik

Pupuk  tersebut AB Mix yang umum digunakan oleh petani hidroponik. AB Mix merupakan suatu pupuk yang terdiri dari suatu unsur A (stok A) dan B (stok B). Stok A berisi unsur hara makro yang kompleks dan stok B berisi unsur hara mikro komplek. Sistem pemupukannya yaitu dengan melarutkan stok A dengan air dan melarutkan stok B dengan air. Kemudian dari masing-masing larutan dicampur (mix) menggunakan air lagi menjadi satu. Sehingga disebut nutrisi Ab Mix. Cara membuatnya atau mengencerkan nutrisi ab mix (500 ML) sebagai berikut. 

STOK A
1. Pertama siapkan aquades atau air sungai jernih (jika menggunakan air PDAM diamkan terlebih dahulu minimum 24 jam) sebanyak kurang lebih 500 ML
2.  Isikan air tersebut ke dalam gelas ukur sebanyak 300 ML. Kemudian masukan stok A, aduk hingga benar-benar larut atau tercampur.
3. Kemudian tambahkan lagi air hingga 500 ML.
4. Pekatan sudah siap diencerkan
Untuk STOK B sama perlakuannya dengan stok A. 

Proses selanjutnya yaitu pengenceran pekatannya pada masing-masing stok A dan B. 
1. Pertama siapkan 1 Liter air bersih.
2. Masukan stok A dan B
3. Masing-masing sebanyak 5 ML.
4. Kemudian lihat PPM nya pada nutrisinya menggunakan TDS meter. Pengukuran dilakukan sebanyak 3 kali. Untuk melihat keakuratannya.
5. Idealnya setiap larutan 5 ML akan menghasilkan 1000 ppm atau EC 2.0.
6. Ukur pH dalam nutrisinya yang baik memiliki pH 6-7 (netral).
7. Nutrisi siap diaplikasikan didalam tanaman.
Cara Melarutkan AB Mix Hidroponik

Note = Setiap tanaman membutuhkan kadar Ppm dan pH berbeda-beda. Seperti pada gambar dibawah ini. 



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Melarutkan AB Mix Hidroponik Secara Baik dan Benar"

Post a Comment